Pangkalpinang (Antara Babel) - Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung membangun posko pelayanan di enam titik rawan kemacetan, kecelakaan lalu lintas selama arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri 1437 Hijriyah.

"Kami berharap posko ini dapat mengatur lalu lintas selama arus mudik di terminal, pelabuhan, bandara dan pusat perbelanjaan," kata Kepala Dishub Provinsi Kepulauan Babel, Sarjulianto di Pangkalpinang, Jumat.

Ia menjelaskan enam posko dimulai beroperasi pada H-5 hingga H+7 Lebaran di terminal bus Kampung Keramat, Bandara Depati Amir Kota Pangkalpinang, HAS Hanandjoeddin Belitung.

Posko di Pelabuhan Pangkalbalam Kota Pangkalpinang, Pelabuhan Tanjung Kalian Kabupaten Bangka Barat dan pusat perbelanjaan di Kota Pangkalpinang.

"Petugas posko akan bersiaga selama 24 jam untuk mengatur lalu lintas dan memantau perkembangan arus mudik dan balik lebaran," ujarnya.

Ia mengatakan berdasarkan pantauan arus mudik masih berjalan normal, belum terjadi lonjakan yang mengakibatkan kemacetan dan penumpukan calon penumpang di terminal, pelabuhan dan bandara.

"Saat ini potensi kemacetan lalu lintas terjadi di kawasan pasar Pembangunan Pangkalpinang, karena meningkatnya kunjungan masyarakat untuk membeli berbagai kebutuhan lebaran," ujarnya.

Untuk itu, kata dia, pihaknya memfokuskan pengaturan lalu lintas di kawasan pusat perbelanjaan, agar masyarakat aman, tertib dan nyaman berbelanja berbagai kebutuhan lebaran.

"Kami berharap masyarakat ikut menjaga kelancaran lalu lintas ini dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan memarkir kendaraan di tempat yang telah disediakan pengelola pusat perbelanjaan," ujarnya.  

Pewarta: Aprionis

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016