Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Safrizal ZA menyebutkan Babel merupakan provinsi paling solider di Indonesia, karena kerukunan umat beragama di Negeri Serumpun Sebalai selalu terjaga dengan baik.

"Babel memiliki keragaman cukup tinggi, berbeda-beda suku, ras, agama, tradisi, adat, bahasa dan ini luar biasa, karena daerah ini selalu mendapatkan penghargaan sebagai provinsi paling solider di Indonesia," kata Safrizal ZA saat menghadiri Perayaan Natal Oikumene di Pangkalpinang, Jumat.

Ia mengajak umat Kristiani menjadikan momentum perayaan Natal Oikumene sebagai media untuk berbenah baik dalam beribadah maupun interaksi sesama umat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ini.

"Jadilah agen perdamaian dan selalu berkarya bersama-sama dengan pemerintah untuk bergandengan tangan, saling bahu membahu untuk mewujudkan Babel yang maju dan sejahtera," katanya.

Ia berpesan kepada seluruh umat beragama khususnya Kristiani untuk selalu menjaga keutuhan dan keamanan demi ketentraman di Provinsi Kepulauan Babel ini.

"Jangan kita memberikan hal-hal yang akan menimbulkan perpecahan, permusuhan, konflik antar sesama yang akan mengancam kerukunan umat beragama di daerah ini," katanya.

Perayaan Natal Oikumene dihadiri sekitar 6.000 orang dari Kota Pangkalpinang, Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Barat dan Bangka Selatan, berjalan aman, lancar dan tertib.

Berdasarkan data Dinas Perhubungan Provinsi Kepulauan Babel jumlah jemaat menggunakan angkutan bus pada Perayaan Natal Oikumene sebanyak 1.492 orang, menggunakan angkutan pribadi sekitar 5.500 orang.

Untuk mengantisipasi kemacetan dari Dishub Kepulauan Babel tetap memonitor dan berkoordinasi dengan kepolisian untuk mengatur lalu lintas dan parkir kendaraan para jemaat.  

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024