Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar sidang paripurna istimewa masa persidangan I tahun sidang 2024 guna memperingati hari jadi ke-21 Kabupaten Belitung Timur.

Ketua DPRD Belitung Timur, Fezzi Uktoselja di Manggar, Sabtu mengatakan tema peringatan hari jadi ke-21 Kabupaten Belitung Timur adalah 'Karye Besame Junjung Budaye'.

"Sesungguhnya peringatan hari jadi ke-21 Kabupaten Belitung Timur merupakan momentum agar kita selalu bersyukur atas nikmat terbentuknya Kabupaten Belitung Timur," katanya.

Menurut dia, saat ini berbagai kemajuan telah berhasil diraih oleh Kabupaten Belitung Timur termasuk kesempatan dan peluang yang telah berhasil ditorehkan Belitung Timur di berbagai bidang.

"Sehingga sudah seharusnya kita menjaga semangat untuk terus berbuat dalam mengisi pembangunan demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Belitung Timur," ujarnya. 

Ia mengatakan, pada 27 Januari 2003 atau 21 tahun lalu, Wakil Ketua DPR RI Soetardjo Soerjogoeritno mengetuk palu sebagai tanda persetujuan dan disahkannya undang-undang Nomor 5 Tahun 2023 tentang Pembentukan Kabupaten Bangka Barat, Bangka Tengah, Bangka Selatan, dan Belitung Timur.

"Peristiwa 27 Januari 2003 telah melahirkan empat kecamatan di bagian timur Belitung menjadi pemerintahan daerah yang baru yaitu Kabupaten Belitung Timur," katanya. 

Ia menambahkan, mulai saat itu rentetan persiapan-persiapan yang diperlukan untuk sebuah pemerintahan daerah diproses lebih lanjut oleh Pemerintah Kabupaten Belitung, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dan pemerintah pusat.

"Selanjutnya peristiwa persidangan tersebut ditetapkan menjadi hari jadi Kabupaten Belitung Timur sebagaimana ditetapkan dalam Peraturan Daerah Kabupaten Belitung Timur Nomor 12 Tahun 2006 tentang Hari Jadi Kabupaten Belitung Timur," ujarnya. 

Dikatakannya, terbentuknya Kabupaten Belitung Timur berkat perjuangan dan kebersamaan elemen masyarakat baik melalui wadah Forum Masyarakat Peduli (Formap), Ikatan Sarjana Belitung Timur (ISBT) dengan menggelar seminar yang selanjutnya terbentuklah Komite  Pembentukan Kabupaten Belitung Timur.

"Ketua Komite dijabat oleh Zahari MZ dan Jafri sebagai Sekretaris Komite Pembentukan Kabupaten Belitung Timur dengan melibatkan peran serta berbagai elemen masyarakat PPLM, pemuka adat, LSM,  jurnalis, bupati, Pemerintah Kabupaten Belitung dan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung," katanya.

Ia mengajak masyarakat memaknai peringatan hari jadi ke-21 Kabupaten Belitung Timur dengan mengisinya melalui pembangunan yang positif demi terwujudnya kesejahteraan masyarakat Belitung Timur.

"Pada kesempatan ini kami sekali lagi mengucapkan terimakasih kepada para tokoh pembentukan Kabupaten Belitung Timur," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024