Pejabat Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, M Haris mendorong masyarakat di daerah itu supaya memanfaatkan pekarangan rumah untuk tanaman produktif sehingga membantu pemenuhan kebutuhan keluarga.

"Bagi warga yang masih mempunyai pekarangan atau halaman rumah yang luas, dapat digunakan untuk tanaman sayur mayur seperti, cabai dan jenis tanaman yang lain," kata M Haris di Sungailiat, Kamis.

Sementara halaman rumah yang terbatas, masih dapat menanam tanaman dengan sistem polybag. Artinya tanaman sayuran dapat ditanam baik di halaman yang luas ataupun di halaman yang terbatas.

"Jangan sampai pekarangan rumah dibiarkan kosong tanpa ada tanaman yang bermanfaat, minimal tanaman yang ditanam itu nantinya hasilnya dapat untuk kebutuhan keluarga," kata dia.

M Haris mengatakan, pemanfaatan halaman tidak hanya disarankan untuk masyarakat tetapi juga bagi perkantoran di Kabupaten Bangka agar melakukan hal serupa.

"Saya minta perkantoran yang masih terdapat halaman kosong supaya digunakan untuk ditanami tanaman," kata dia.

Bahkan kata dia, pihaknya menggerakkan gerakan tanaman cabai di halaman perkantoran dan jenis tanaman buah - buahan.

"Dalam gerakan menanam cabai akan dilakukan serentak di semua kantor atau dinas di Kabupaten Bangka," kata dia.

Diharapkan setiap dinas dapat menanam 100 batang cabai di halaman perkantoran serta jenis tanaman yang bermanfaat.

Direncanakan pemerintah Kabupaten Bangka akan menanam cabai di depan gedung pertemuan yang baru selesai di bangun dengan jumlah mencapai ratusan batang.

Pewarta: Kasmono

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024