Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan penumpang angkutan udara yang berangkat dari Kepulauan Babel pada Desember 2023 sebanyak 83,87 ribu orang, atau naik 10,70 persen dibandingkan bulan sebelumnya 75,77 ribu orang.

"Keberangkatan dan kedatangan penumpang pesawat udara ini karena meningkatnya arus mudik pada liburan Natal dan Tahun Baru," kata Kepala BPS Provinsi Kepulauan Babel Toto Haryanto Silitonga di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan peningkatan penumpang angkutan udara yang berangkat dari Kepulauan Babel ini dipicu oleh peningkatan jumlah penumpang pada kedua bandara yaitu Bandar Udara Depati Amir Pangkalpinang sebesar 11,96 persen dan Bandar Udara H.A.S Hanandjoeddin Belitung 8,25 persen.

"Apabila dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu (Januari-Desember 2022) jumlah penumpang yang berangkat naik sebesar 8,74 persen," katanya.

Ia menyatakan berdasarkan kedatangan, jumlah penumpang yang datang ke bandar udara di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung selama Desember 2023 sebanyak 86,00 ribu orang.

"Jumlah penumpang yang datang naik sebesar 9,11 persen dibanding bulan sebelumnya," katanya.

Ia menjelaskan peningkatan ini dipicu oleh peningkatan jumlah penumpang pada kedua bandara yaitu Bandar Udara Depati Amir sebesar 9,78 persen dan Bandar Udara H.A.S Hanandjoeddin sebesar 7,77 persen.

"Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu (Januari-Desember 2022), kedatangan penumpang tercatat naik sebesar 7,40 persen," katanya. 
 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024