Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) mengapresiasi kegiatan "Deklarasi Pemilu Damai" Politik dan Pemilih Muda di Indonesia yang digelar oleh Majelis Pengurus Wilayah (MPW) Pemuda Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Bangka Belitung di Bangka City Hotel, Pangkalpinang, Selasa (6/2).

"Kita sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini sebagai langkah awal kita mewujudkan Pemilu damai di Babel," kata Plt Kepala Badan Kesbangpol Babel yang di wakili oleh Analis Kebijakan Kesbangpol Babel, Dafri Sugesti saat hadir di kegiatan tersebut, Selasa.

Ia mengatakan Pemprov Babel sudah melaksanakan dan mendukung penuh tahapan Pemilu 2024 seperti menyerahkan bantuan ke Bawaslu dan KPU sebagai lembaga pelaksana dan pengawasannya. Disamping itu Kesbangpol Babel juga turun mengawasi dan memantau perkembangan situasi untuk nanti di laporkan hasilnya ke Pj Gubernur Babel, Safrizal ZA.

"Ini kegiatan yang bagus karena mereka mahasiswa ini adalah pemuda-pemudi yang akan meneruskan tongkat estafet kepemimpinan dan idealisme mereka akan terus didengar sampai nanti mereka menjadi seorang pemimpin," ujarnya.

Saat ini kondisi di Babel tetap kondusif meski ada sedikit gejolak dan riaknya, namun masih dalam batasan yang  rendah dan kita harap semoga kedepan hingga berakhirnya Pemilu tetap aman-aman saja.

Dukungan dari berbagai organisasi juga sangat diharapkan oleh Pemerintah daerah melalui deklarasi pemilu damai yang digelar oleh beberapa organisasi lain yang ada di Babel.

"Banyak juga ormas yang sudah melakukan deklarasi pemilu damai. Dengan demikian kita berharap indeks demokrasi nanti yang akan menilai bagaimana sebuah demokrasi berjalan di daerah, melalui kegiatan seperti ini indeks demokrasi kita akan menjadi baik kedepannya," tutupnya.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024