Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Safrizal ZA memberikan kado kepada para guru dan siswa disabilitas Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Kota Pangkalpinang, agar anak-anak berkebutuhan khusus dapat bersuka cita merayakan HUT ke-69 YPAC.

"Saya pribadi menyumbang Rp20 juta untuk para guru dan anak-anak untuk berwisata ke pantai," kata Safrizal ZA saat menghadiri HUT ke-69 YPAC Pangkalpinang di Pangkalpinang, Rabu.

Ia mengatakan bantuan ini sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada para guru-guru yang telah ikhlas dan mengabdikan diri mendidik anak-anak berkebutuhan khusus di Negeri Serumpun Sebalai ini.

"Hari ini Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan Dinas Pendidikan Provinsi Kepulauan Babel juga memberikan hadiah kepada masing-masing siswa disabilitas YPAC Kota Pangkalpinang, agar mereka bahagia dan bersemangat menuntut ilmu di sekolah ini," katanya.

Ia menyatakan anak-anak disabilitas ini memiliki hak yang sama dan memperoleh layanan pendidikan dan publik lainnya yang sama dengan anak-anak normal lainnya.

"Ini adalah tanggung jawab kolektif kita semua, baik pemerintah provinsi, kota, kabupaten dan masyarakat untuk memberikan perhatian serius, karena mereka juga memiliki yang sama untuk memperoleh pendidikan dan pelayanan," katanya.

Ia meminta OPD-OPD terkait khususnya Dinas Pendidikan untuk lebih memperhatikan pendidikan anak-anak disabilitas ini.

"Dinas pendidikan harus sering-sering dan rajin ke YPAC ini, karena Kementerian Pendidikan juga ada program untuk meningkatkan kualitas pendidikan anak-anak berkebutuhan khusus ini. Jadi jangan seperti katak di bawah tempurung saja," katanya.

Ketua Pembina YPAC Pangkalpinang Andy Fikri mengucapkan terima kasih kepada Pj Gubernur Kepulauan Babel yang telah peduli dan membantu para guru dan siswa berkebutuhan khusus ini.

"Pendirian YPAC Pangkalpinang ini diinisiasi oleh PT Timah Tbk dan hingga sekarang, perusahaan tambang ini meminjam gedung untuk pendidikan anak-anak berkebutuhan khusus di Provinsi Kepulauan Babel khususnya Kota Pangkalpinang," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024