Masyarakat Kepulauan Bangka Belitung terlihat sangat antusias melaksanakan Pemilu 2024, terlihat dari tingginya antusias masyarakat yang hadir dan ada beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang sengaja di dibuat terlihat unik sehingga berbeda dari TPS lainnya.

TPS 005 Kampung Melayu Kecamatan Gerunggang terlihat sangat unik karena semua hiasan di ruang TPS tersebut menonjolkan ciri khas budaya daerah dan semua petugas KPPS menggunakan pakaian adat melayu.

Ketua KPU Babel Husin, Rabu (14/2) mengatakan Pemilu adalah pesta demokrasi bukan hanya ajang kontestasi untuk rakyat menjalankan aspirasi saja, karena Pemilu adalah sarana penyatuan bangsa yang menjadi tempat berkumpulnya masyarakat untuk saling bersilaturahmi.

Dengan menonjolkan budaya melayu, Pemilu yang di gelar hari ini mengajak masyarakat bersilahturahmi dengan menunjukkan nilai budaya sehingga mengingatkan kita pada budaya yang harus kita junjung. 

"Babel yang dikenal sebagai daerah melayu jadi kita tonjolkan melayunya di TPS ini karena etnik melayu di daerah ini sangat tinggi, sehingga di sini Pemilu kita laksanakan dan budaya tetap kita lestarikan," ujarnya.

Selain itu di TPS 004 di Desa Beluluk Kecamatan Pangkalan Baru Kabupaten Bangka Tengah juga terlihat unik karena didekorasi seperti pesta pernikahan sehingga masyarakat yang datang seperti menghadiri pesta pernikahan.

Dipintu masuk TPS masyarakat disambut dengan dekorasi bunga-bunga yang bermekaran menandakan bahwa bahagianya masyarakat menyambut suasana pesta demokrasi.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024