Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memfasilitasi pelaku usaha mikro kecil dan menengah untuk mengikuti pameran International Handicraft Trade Fair (Inacraft) di Jakarta Convention Center (JCC), 28 Februari hingga 3 Maret 2024

"Ini merupakan salah satu bentuk keseriusan pemerintah dalam promosi dan pemasaran berbagai produk UMKM kita, semoga mereka semakin dikenal dan bisa melakukan pemasaran hingga mancanegara," kata Kepala Disperindag Provinsi Babel Tarmin AB di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan sebagai langkah awal pihaknya telah melakukan komunikasi dengan Disperindag di seluruh kabupaten dan kota di Babel untuk menjaring produk potensial.

"Kemarin kami juga sudah menerima tim dari Kabupaten Bangka Tengah untuk membahas kegiatan pameran Inacraft 2024," katanya.

Menurut dia,  Inacraft merupakan salah satu ajang pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara sehingga para pelaku kerajinan dan industri kreatif di Indonesia memiliki peluang besar untuk mengeksplorasi dan memamerkan produk mereka.

Para pelaku mendapatkan kesempatan memasarkan berbagai macam produk yang dihasilkan langsung kepada pelaku bisnis dari negara lain sehingga mereka bisa memperluas jaringan bisnis, selain untuk bertukar ide.

"Mengikuti pameran ini akan memberikan banyak manfaat bagi pelaku usaha di Babel," katanya.

Untuk merealisasikan rencana mengikuti pameran itu, pihaknya juga melakukan kerja sama dengan Dekranasda Provinsi Babel yang akan mengurus berbagai hal teknis di lapangan.

"Kami berharap kegiatan ini memberikan manfaat kepada para pelaku usaha lokal agar bisa semakin berkembang, maju, dan mandiri," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024