Bupati Belitung Tmur Burhanudin mengimbau warganya tetap menjaga kekompakan dan persaudaraan kendati berbeda pilihan dalam Pemilu 2024.

"Kendati tensi politik tinggi, namun saya mengimbau warga tetap kompak dan jaga persaudaraan kendati berbeda pilihan," ujar Burhanudin di Manggar, Belitung Timur, Bangka Belitung, Kamis.

Bupati mengatakan pemilu merupakan wadah bagi masyarakat untuk memilih calon pemimpin mereka dalam lima tahun ke depan.

"Dalam memilih tentu wajar terjadi perbedaan, namun bukan berarti perbedaan itu membuat kita terbelah dan terpecah dalam kehidupan bermasyarakat," ujarnya.

Burhanudin percaya masyarakat sudah matang dalam berdemokrasi dan perbedaan dalam pilihan merupakan bagian dari dinamika sebagai masyarakat yang hidup berdemokrasi.

"Berbeda pilihan itu warna dari demokrasi, itu boleh saja dan yang tidak boleh adalah golput karena golput bukan cerminan warga yang hidup berdemokrasi," ujarnya.

Bupati optimistis angka partisipasi pada Pemilu 2024 jauh lebih tinggi dibanding pemilu sebelumnya, jika melihat antusias warga yang datang ke TPS.

"Saya turut memantau proses pungut hitung di tiga kecamatan, antusias warga sungguh luar biasa dan saya yakin partisipasi meningkat," ujarnya.

Bupati juga mengapresiasi atas kinerja penyelenggara pemilu dan aparat keamanan yang sudah mampu menciptakan suasana pemilu yang menggembirakan bagi warga.

"Peserta pemilu baik itu calon dan partai politik juga sudah memberikan kontribusi dalam meningkatkan partisipasi dan menciptakan situasi yang kondusif," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Joko Susilo


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024