Tim medis dari Dokkes Polres Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, kembali mengecek kondisi kesehatan para Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pemilu 2024.

"Pengecekan terhadap kondisi kesehatan PPK dan KPPS untuk memastikan agar kondisi fisik mereka dalam keadaan sehat dan tidak kelelahan usai bertugas," kata Kasubag Satgas Kasie Dokkes Polres Bangka Selatan Bripka Seta Sanjaya di Toboali, Jumat.

Pihaknya memeriksa kesehatan penyelenggara sebelum dan sesudah pelaksanaan hari pemungutan hitung dengan melibatkan empat perawat dan satu dokter umum.

Lima petugas Dokkes Polres Bangka Selatan itu mengecek tekanan darah anggota KPPS maupun PPK di masing-masing TPS dan dari hasil pemeriksaan dinyatakan masih dalam kondisi sehat.

"Tekanan darah mereka masih normal, hanya saja ada beberapa anggota KPPS dan PPK mengalami sakit kepala karena kurang jam tidur," ujarnya.

Selain memeriksa kondisi kesehatan, petugas kesehatan juga memberikan vitamin dan obat-obatan untuk menambah stamina selama menjalankan tugas.

"Kita siap melayani kesehatan penyelenggara selama 24 jam dan juga menyiapkan mobil ambulans untuk jaga-jaga jika ada yang sakit dan harus dirawat," ujarnya.

Ia mengimbau anggota KPPS dan PPK dapat memperhatikan kesehatan dengan istirahat yang cukup serta mengonsumsi makanan sehat dan bergizi.

"Dengan begitu kita berharap tidak terjadi lagi korban yang berjatuhan karena kelelahan pada saat mengawal pencoblosan dan pemungutan suara seperti Pemilu 2019," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024