Pemuda Peduli Lingkungan Asri dan Bersih (Pepelingasih) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mendapatkan penghargaan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, terkait aktivitasnya sebagai organisasi lingkungan.

"Pada kegiatan yang dilaksanakan oleh Kemenpora bersama Dewan Pengurus Pusat Pepelingasih Indonesia ini Pepelingasih Babel mendapatkan penghargaan sebagai organisasi Pepelingasih ter 'effort'," kata Ketua Pepelingasih Provinsi Babel Orie Fachrido Hermawan di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan, penghargaan ini merupakan penghargaan yang diberikan kepada organisasi lingkungan yang berdampak bagi masyarakat dan sebagai upaya untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP), mengakomodasi peran pemuda sebagai objek dan subjek pembangunan yang selama ini menjadi bagian dalam mengikutsertakan kalangan anak muda sebagai agen pembangunan.

Keterlibatan Pepelingasih sebagai salah satu organisasi binaan Bidang Kepemudaan Disparbudkepora Provinsi Babel, kata dia, organisasi ini memiliki peran dalam program peningkatan kapasitas pemuda, khususnya di bidang lingkungan, yang sudah dirasakan masyarakat.

"Berbagai kegiatan yang kita laksanakan selama ini memiliki dampak positif untuk menangani isu-isu lingkungan hingga membantu menyelesaikan permasalahan kerusakan lingkungan yang menjadi keresahan masyarakat," katanya.

Kegiatan Pepelingasih Babel yang dilakukan melalui gerakan aksi anak muda sudah gencar dilakukan secara masif hingga menyasar di perdesaan karena Duta Pepelingasih Babel sudah memiliki kepengurusan dan tersebar di seluruh kabupaten/kota di provinsi tersebut.

Dalam menjalankan berbagai kegiatan itu, Pepelingasih Babel bersinergi bersama instansi pemerintah, swasta, dan komunitas atau organisasi lingkungan.

"Dengan mendapatkan penghargaan ini kami berharap bisa memberikan motivasi bagi seluruh anggota organisasi untuk terus bergerak melaksanakan program dan kegiatan peduli lingkungan untuk mendukung pembangunan daerah dan memberikan manfaat kepada masyarakat," katanya.

Sekretaris Dinas Pariwisata, Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga Provinsi Babel, Herwanita mengapresiasi penghargaan yang telah diterima Pepelingasih Babel karena selama ini memang telah aktif menjalankan berbagai program dan kegiatan.

"Melalui penghargaan ini kita bisa melihat bahwa organisasi tersebut telah terbukti memberikan dampak bagi masyarakat, sehingga perlu didukung agar bisa berkembang semakin besar untuk pembangunan daerah," katanya.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024