Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meningkatkan pembangunan sekolah baru, untuk pemerataan siswa yang bersekolah di Kecamatan Koba.

"Pemerataan siswa perlu kita lakukan terutama untuk jenjang SMP atau sederajat, solusinya melakukan peningkatan pembangunan di sekolah baru agar daya tampungnya lebih banyak," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Koba, Sabtu.

Pemkab Bangka Tengah meningkatkan pembangunan SMPN 3 Koba yang merupakan sekolah milik pemerintah baru dibangun, namun kapasitas gedung dan ruang kelasnya masih terbatas.

"Kita sudah bangun dua gedung lagi di SMPN 3 Koba untuk bisa menampung siswa dalam jumlah lebih banyak, dan juga dimanfaatkan sebagai ruang guru," kata bupati.

Dia menjelaskan, Pemkab Bangka Tengah membangun SMPN 3 Koba untuk menampung para pelajar tamatan SD yang jumlahnya tidak sebanding dengan daya tampung lembaga pendidikan jenjang pertama.

"Selama ini kita kekurangan sekolah jenjang pertama, baik negeri maupun sekolah berstatus swasta. Bahkan untuk sekolah negeri, kita hanya ada SMPN 1 Koba dan SMPN 2 Koba," katanya.

Ia juga mengatakan, dibangunnya SMPN 3 Koba itu merupakan solusi untuk penyebaran siswa sehingga tidak harus menumpuk di SMPN 1 dan SMPN 2 saja.

"Dengan dibangunnya dua gedung baru di SMPN 3 Koba, maka total ada enam ruangan yang akan dioperasikan sebagai kelas untuk kegiatan belajar mengajar," katanya.

Algafry mengatakan, pada tahun ini juga kembali diberikan bantuan untuk pembangunan gedung baru di SMPN 3 Koba untuk menunjang kegiatan operasional di sekolah.

"Kita berharap dengan adanya tambahan ruangan kelas sebanyak enam ruangan ini, para siswa dapat terus semakin bersemangat dalam menuntut ilmu," katanya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024