Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Safrizal ZA meninjau fasilitas dan layanan Rumah Sakit Jiwa ( RSJ) Samsi Jacobalis Kota Sungailiat Kabupaten Bangka, guna memastikan pelayanan kepada pasien di RSJ tersebut berjalan baik.

"Alhamdulillah fasilitas RSJ ini baik untuk memberikan pelayanan kepada pasien ngangguan jiwa di rumah sakit ini,"  kata Syafrizal ZA di Sungailiat, Kamis.

Dalam peninjauan fasilitas, sarana dan prasana RSJ Samsi Jacobalis Kota Sungailiat, Pj Gubernur Kepulauan Babel juga menyempatkan diri melakukan dialog dengan para dokter, perawat dan pegawai RSJ.

Dalam dialog tersebut, Syafrizal ZA meminta para dokter, perawat dan pegawai RSJ menyampaikan aspirasi dan kendala dalam merawat para pasien ngangguan jiwa di rumah sakit tersebut.

Pada kesempatan itu, para pegawai RSJ menyampaikan permasalahan dimana ada beberapa pasien yang bertahun-tahun masih berada di RSJ yang sebenarnya sudah tidak memerlukan rawat inap. Namun, tidak diterima lagi oleh lingkungan bahkan keluarganya.

"Mengingat anggaran  tidak berlebih, maka hendaknya memprioritaskan terlebih dahulu seperti pengadaan sarana yang tidak boleh ditunda dan tergantung tingkat urgensinya," kata Syafrizal.

Terkait permasalahan pasien yang sudah sembuh dan tidak diterima lagi oleh lingkungannya,  Pemprov Kepulauan Babel akan berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten dan kota untuk bisa menampung dan dilatih di panti rehabilitasi.

“Saya akan koordinasikan dengan bupati dan walikota, kalau pasien yang sudah boleh keluar nanti bisa masuk ke panti rehabilitasi dan di situ ada pelatihan-pelatihan pekerjaan sederhana yang bisa dilakukannya," katanya.

Ia berkeinginan agar Bangka Belitung ini baik dalam segala hal. Untuk itu tidak bisa sendirian, maka kita mesti berbagi beban dan tanggung jawab.

“Saya berusaha memenuhi tanggung jawab saya, dan bapak ibu sekalian juga memenuhi tanggung jawab kinerjanya. Bahwa kita belum sempurna, memang sempurna itu bukan milik kita. Kalau kita gaung matematis yang penting kita bisa memenuhi semua indikator dan semangat untuk mencapainya, itu sudah cukup,” katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024