Sungailiat,(Antara Babel) - Wakil Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rustamsyah meminta masyarakat lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan agar daerah itu terhindar dari segala bentuk bencana alam.

"Seringnya terjadi banjir di daerah kita tidak terlepas dari kelalaian kita menjaga dan memelihara lingkungan masing-masing," katanya di Sungailiat, Rabu.

Ia mengatakan, warga terkadang menganggap sepele hal-hal kecil, karena sekecil apapun tindakan pengrusakan lingkungan akan menyebabkan musibah dan bencana dimana masyarakat akan menjadi korban.

"Untuk mengatasi masalah lingkungan sangat dibutuhkan kebersamaan dan komitmen serta langkah nyata oleh semua pihak agar daerah ini aman dari bencana," katanya.

Menurut dia, menjaga lingkungan kehidupan itu dimulai dari hal yang kecil dan mudah dilakukan, misalnya memilah dan membuang sampah pada tempat yang disediakan.

"Membakar sampah pada tempat tersedia, tidak membuang sampah di aliran drainase atau sungai karena bisa menyebabkan penyumbatan dan mencemari sungai serta akan membunuh mahluk hidup yang ada di dalamnya," katanya.

Ia mengatakan, sebenarnya wujud dari pemeliharaan lingkungan yang penting adalah adanya niat dan itikad baik dari masyarakat itu sendiri.

"Jika semua warga punya prinsip yang sama dan sepakat untuk menjaga kelestarian lingkungan, saya yakin bencana alam seperti banjir akan bisa teratasi dan bisa diantisipasi," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016