Inilah Kemeriahan dan kegembiraan Lomba Parade Budaya TP PKK tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2024 dalam rangka acara Jambore PKK yang digelar di Puri Ansell Sungailiat Kabupaten, Bangka, Minggu (3/3/2024). 

Suasana ini semakin terasa dengan hadirnya Pj Ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Babel Safriati Safrizal saat dirinya menjadi juri di acara lomba parade budaya itu. 

Menurut Pj ketua TP PKK Provinsi Kepulauan Babel Safriati Safrizal, Jambore PKK Kepulauan Babel Tahun 2024 ini mengusung tema kebudayaan Bangka Belitung. Sehingga masyarakat semakin mengenal budaya yang ada di Babel. 

“Luar biasa sekali, Hari ini kita bisa melihat begitu banyak sekali budaya budaya yang belum masyarakat tahu, tapi pada hari ini kita bisa melihat budaya Babel yang luar biasa sekali,” ujarnya.

Selain itu dirinya berharap kedepan budaya Babel semakin di kembangkan lagi dan yang menjadi juara dari kabupaten/kota se Babel ini bisa mewakili Kepulauan Babel untuk tampil di nasional.

“Untuk di nasional nanti akan diadakan di Solo pada bulan Mei mendatang, mudah mudahan nanti para peserta parade budaya ini bisa menampilkan yang terbaik untuk mewakili Babel ke tingkat nasional,” tuturnya. 

Lomba parade budaya ini di ikuti oleh seluruh anggota TP PKK Kab/Kota Se-Babel yang keseluruhannya berjumlah 175 orang. TP PKK Kabupaten/Kota Se Babel membawakan adat dan budayanya masing-masing, diantaranya ; Kabupaten Bangka Barat menampilkan budaya Perang Ketupat asal Tempilang, Kabupaten Bangka menampilkan budaya adat Nikah Masal, Kota Pangkalpinang menampilkan budaya thongin fangin jitjong Kab. Bangka Selatan menampilkan adat kawin masal dan telok serujo, Kabupaten Belitung membawakan adat berimpat becampak dan tari padi, Kabupaten Belitung Timur membawakan adat makan bedulang, dan Kabupaten Bangka Barat membawakan adat Murok Jerami. 

Setelah menjadi juri lomba parade budaya, Pj ketua TP PKK Babel Safriati Safrizal berkunjung dan melihat lomba masak menu pangan lokal dan lomba paduan suara. 

Pewarta: Aprionis/Elvianti

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024