Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyantuni anak yatim dan menggelar ceramah agama bersama guna mempererat silahturahmi dalam menyambut Ramadhan 1445 Hijriah di Negeri Serumpun Sebalai itu.

"Hari ini kita bersilaturahmi dan sekaligus berbagi dengan anak-anak yatim," kata Penjabat Gubernur Kepulauan Babel Safrizal ZA di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan bulan suci Ramadhan merupakan bulan yang dinantikan umat Muslim dan pemerintah telah menetapkan 1 Ramadhan jatuh pada Selasa (12/3). Untuk menyambut bulan suci Ramadhan yang penuh dengan keberkahan membawa kepada satu titik keyakinan bahwa berbagi itu indah.

"Saya berpesan agar umat Muslim mempersiapkan fisik, memperkuat iman, memperdalam ilmu dan pengetahuan agama, persiapan amal dan mental untuk berpuasa, serta memohon agar dosa dapat diampuni," katanya.

Ustaz Hendi Kurniah dalam tausiahnya mengucapkan terima kasih atas diadakannya pertemuan yang istimewa dan yang paling baik dalam menyambut bulan suci Ramadhan.

"Kami bersyukur dan berbahagia, bisa berkumpul, terlebih bersama dengan anak-anak yang istimewa, dan ini pasti mendatangkan keberkahan bagi negeri kita Serumpun Sebalai," katanya mengawali tausiyah.

Ia mengajak mukmin dan mukminat untuk membangun karakter yang kuat dengan habit atau kebiasaan yang baik.

"Pembangunan karakter kuat itu ada dalam Islam dan shalat. Agama Islam ini adalah agama habit, di mana dalam setiap rakaat shalat membaca al fatihah," kata Safrizal.

"Begitu pula puasa adalah habit, sedekah pun adalah habit, membaca Al Quran pun adalah habit. Maka, Islam menjadi solusi dalam membangun karakter yang kuat," ujarnya.

Ia mengatakan semangat Ramadhan adalah menumbuhkan habit. Untuk itu, umat Muslim dapat berbuat baik mulai dari hal-hal kecil terlebih dahulu.

"Kita tahu bahwa Babel adalah sebagian kecil dari bangsa ini. Tetapi, jika kita tahu apa yang kita bisa buat dari hal-hal kecil maka negeri ini akan menjadi besar," katanya.

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024