Pejabat Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Safrizal berpendapat Pekan Tilawatil Quran (PTQ) yang diselenggarakan oleh LPP RRI setiap tahun merupakan penerus cita-cita budaya membaca Al Quran yang harus tetap dipertahankan.

"Saya memberikan apresiasi besar kepada LPP RRI yang hingga kini masih mempertahankan Pekan Tilawatil Quran (PTQ) ke- 54, kegiatan ini merupakan budaya yang sangat baik sebagai penerus cita-cita budaya membaca Al Quran," kata Safrizal saat membuka PTQ LPP RRI ke-54 di Sungailiat, Kamis.

Dia mengatakan PTQ tidak saja bernilai sebagai acara kegiatan rutin tahunan dan informasi berita, namun lebih dari itu semua kegiatan PTQ mengandung nilai ibadah.

Melalui tema "Internalisasi Nilai-Nilai Al-Quran Bagi Generasi Milenial Menuju Indonesia Emas", Safrizal menilai kegiatan PTQ oleh LPP RRI bentuk komitmen dalam mendorong generasi muda yang tidak hanya sekadar pintar membaca Al Quran tetapi harus menjadikannya sebagai seri dalam kehidupan sehari-hari.

"Saya minta peserta lomba yang nantinya ditetapkan sebagai pemenang jangan berbangga hati begitu pula yang belum berhasil jangan langsung berkecil hati, kegagalan kali ini menjadi motivasi di tahun yang akan datang supaya lebih baik," ujar dia.

Kepala LPP RRI Sungailiat Babel Yulian S Saaba mengharapkan para qori dan qoriah yang nantinya terpilih ke tingkat nasional bisa mengharumkan nama Bangka Belitung, baik itu kategori tilawah maupun tausiah.

"Peserta terbaik qori dan qoriah tahun ini akan kita ikutkan ke tingkat nasional yang dilaksanakan di Pondok Pesantren di Kaliurang Yogyakarta pada 21-26 Maret 2024" jelasnya.

PTQ LPP RRI ke-54 diselenggarakan selama dua hari, yakni 14-15 Maret 2024. Hari pertama melombakan cabang Tilawah dengan peserta sebanyak 46 orang, dilanjutkan lomba kedua atau besok, Jumat (15/3) cabang Tausiah.

Tercatat 46 orang peserta berasal dari kabupaten/kota yang ada di Bangka Belitung, kecuali Belitung Timur yang tidak mengirim perwakilan.

Pewarta: Kasmono

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024