Untuk mempererat silaturahmi dengan para santri dan pimpinan pondok pesantren (Ponpes) khususnya selama bulan Ramadhan 1445 Hijriah, Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengadakan acara buka puasa bersama di Pondok Pesantren Nurul Falah, Desa Air Mesu, Bangka Tengah pada Jumat, 15 Maret 2024.

Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan Ramadhan Berkah Bersama Insan Bank Indonesia (RABBANI) 2024 yang diselenggarakan secara serempak di seluruh kantor Bank Indonesia. Tema yang diusung adalah memperkuat spiritualitas kepemimpinan dan mempererat kekeluargaan untuk menyukseskan transformasi menuju Bank Indonesia yang semakin bermakna. 

Kegiatan yang dihadiri sekitar 1250 santri, pimpinan, dan pengajar ponpes tersebut diawali dengan sosialisasi dan edukasi tentang tugas dan peran BI di daerah (kebanksentralan), seperti program Cinta Bangga Paham (CBP) Rupiah, sistem pembayaran non-tunai (ORIS), dan ekonomi keuangan syariah. 

Pimpinan Ponpes Nurul Falah, K.H Masri Saharun dalam sambutannya mengapresiasi Bank Indonesia Bangka Belitung yang telah memilih Ponpes Nurul Falah dalam kegiatan Buka Bersama Anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia di Bangka Belitung. 

Selain itu, K.H Masri Saharun berharap BI Bangka Belitung bisa terus bersinergi dalam program kemandirian ekonomi pesantren dengan Ponpes Nurul Falah dan ponpes lainnya. 

Kepala BI Babel, Rommy S. Tamawiwy menyambut baik komitmen dan konsistensi ponpes Nurul Falah dalam program kemandirian ekonomi pesantren dan berharap bisa menjaga kolaborasi dan sinergi yang telah terbangun.

"Karena memiliki jumlah sumber daya yang potensial, ponpes saat ini merupakan salah satu mitra strategis Bank Indonesia Bangka Belitung khususnya dalam menjaga angka inflasi melalui program-program ketahanan pangan, antara lain dengan menanam aneka hortukultura, sayur mayur, ikan budidaya dan sebagainya," katanya. 

Dalam kesempatan ini pula, Kepala BI Babel, Rommy S. Tamawiwy secara simbolis menyerahkan bantuan sarana prasarana pemberdayaan ekonomi pesantren melalui Program Dedikasi untuk Negeri kepada Pimpinan Ponpes Nurul Falah, K.H Masri Saharun.

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024