Sungailiat (Antara Babel) - Wakil Bupati Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Rustamsyah meminta para petugas penyuluh pertanian lapangan (PPL) agar memberikan pembinaan serta penyuluhan secara maksimal kepada petani di daerah itu.

"PPL memiliki peran penting dalam meningkatkan ketahanan pangan di daerah, karena melalui petugas penyuluhan petani dapat memperoleh pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan hasil-hasil pertanian," katanya di Sungailiat, Selasa.

Menurut dia, salah satu kunci utama untuk mempertahankan ketahanan pangan selain petani juga para petugas PPL. Sebab petugas inilah yang bertanggung jawab menyampaikan ilmu dan teknologi pertanian, sehingga terciptanya ketahanan pangan.

"Saya berharap dengan pemberian penyuluhan dan pembinaan secara maksimal, para petani tidak mengalami kebingungan untuk meningkatkan kualitas hasil pertanian," katanya.  
    
Ia juga meminta kepada seluruh PPL untuk tidak bosan melakukan penyuluhan kepada masyarakat, khususnya kepada petani dan kelompok tani di lapangan.

"Saya berharap para PPL ini tetap semangat dan untuk tidak bosan melakukan kegiatan penyuluhan di lapangan. Ubah pola pikir masyarakat kita, khususnya petani dan kelompok tani dari tradisional mejadi modern," katanya.

Ia mengatakan, pihaknya telah memberikan bantuan pinjaman kendaraan bermotor untuk lebih memudahkan PPL bertugas dalam mendatangi para petani.

"Mudah-mudahan dengan adanya kendaraan operasional ini tidak ada kendala lagi yang menyangkut masalah transportasi bagi PPL untuk mengunjungi petani guna memberikan kegiatan penyuluhan," katanya.

Ia berharap para petani di daerah itu semakin maju dengan didampingi para penyuluh yang berkualitas sesuai dengan bidang pertanian. 

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016