Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membagikan bingkisan Lebaran kepada seluruh petugas kebersihan atau biasa disebut "pasukan kuning" di daerah setempat.

"Satu paket bingkisan itu berisikan sejumlah bahan kebutuhan pokok untuk persiapan Lebaran  atau Idul Fitri 1445 Hijriah," kata Bupati Bangka Tengah Algafry Rahman di Koba, Senin.

Pemkab Bangka Tengah bekerja sama dengan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Bangka Belitung (BPRS Babel) dalam menyediakan dan membagikan ratusan bingkisan Lebaran tersebut.

"Petugas kebersihan yang biasa kita sebut pasukan kuning itu patut mendapatkan bingkisan Lebaran karena mereka adalah garda terdepan dalam menjaga kebersihan lingkungan," kata Algafry Rahman.

Bupati mengatakan, petugas kebersihan terutama yang berstatus sebagai honorer tidak hanya mendapatkan bingkisan Lebaran tetapi juga mendapatkan tunjangan hari raya (THR).

"Petugas kebersihan merupakan pekerjaan yang sangat mulia jika dilakukan dengan penuh ikhlas, mereka sudah berada di jalan saat orang masih tidur dan membersihkan setiap titik dalam kota saat orang masih sibuk ngantor dan berlalu lalang di jalan raya," ujarnya.

Pemkab Bangka Tengah berkomitmen memberikan hak para petugas kebersihan sesuai dengan beban kerja mereka dan memperhatikan kesejahteraannya.

"Pasukan kuning tanpa lelah tetap menjadi garda terdepan dalam menciptakan lingkungan sehat dan bersih," ujarnya.

Direktur Utama PT BPRS Babel Chairul Ichwan mengatakan, pihaknya terus berupaya membantu pemerintah daerah dalam menjalankan program sosial dan pembangunan lainnya.

"Setiap tahun kita memang terus membantu pemerintah daerah dalam menyediakan paket atau bingkisan Lebaran untuk petugas kebersihan dan ini sudah menjadi agenda rutin," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024