Hasil rukyatul hilal 1 Syawal 1445 Hijriah di kawasan wisata pantai Tanjungpendam, Kabupaten Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, terhalang awan mendung.

"Hasil pantauan hilal 1 Syawal 1445 Hijriah di pantai Tanjungpendam tidak terlihat karena terhalang awan mendung," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Belitung, Masdar Nawawi di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia, tim rukyatul hilal dari kantor Kementerian Agama Belitung beserta hakim dari Pengadilan Agama Belitung tidak bisa mengamati hilal atau anak bulan guna menentukan 1 Syawal 1445 Hijriah karena terhalang awan mendung.

"Sejak pagi hari kondisi cuaca di Belitung sudah mendung sehingga hilal tidak bisa terlihat dan teramati dengan sempurna," ujarnya.

Disampaikannya, hasil pengamatan ini akan dilaporkan ke kantor Kementerian Agama Wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk diteruskan kepada Kemenag RI sebagai bahan dalam sidang isbat penentuan 1 Syawal 1445 di Jakarta.

"Hasil pengamatan tetap kami laporkan kepada Kemenag Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk dibahas dalam sidang isbat penetapan 1 Syawal 1445 Hijriah lepas Maghrib nanti," kata Masdar.

Ia menjelaskan, hasil ini menambah daftar tidak terlihatnya hilal baik untuk menentukan awal bulan Ramadhan maupun awal bulan Syawal dari titik pantau kawasan wisata pantai Tanjung Pendam, Belitung.

Padahal, lanjut Masdar, pantai Tanjung Pendam telah ditetapkan sebagai titik pantau hilal nasional.

"Ada dua titik pantau hilal nasional di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yakni di Pantai Penagan, Bangka Tengah dan pantai Tanjung Pendam, Belitung," ujarnya.

Untuk itu, Kemenag Belitung akan melakukan evaluasi terhadap lokasi titik pantau atau pengamatan hilal di kawasan wisata pantai Tanjung Pendam.

"Kami laporkan dulu, nanti tim dari pusat yang akan datang untuk melakukan evaluasi," katanya.

Ia mengimbau, masyarakat untuk menunggu keputusan pemerintah pusat terkait penetapan 1 Syawal 1445 Hijriah.

"Namun memang berdasarkan pengamatan hilal hilal sudah di atas lima derajat apabila mengacu kepada kesepakatan MABIMS maka Idul Fitri 1445 akan jatuh pada, Rabu (10/4) besok namun untuk lebih sempurna kita tunggu bersama-sama pengumuman resmi pemerintah pusat," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024