Kepolisian Resor Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung melakukan penyeleksian terhadap 182 calon siswa (casis) Polri.

"Saat ini proses seleksi administrasi sudah selesai terhadap 182 casis dalam penerimaan terpadu Polri Tahun Anggaran 2024," kata Kabag SDM Polres Bangka Selatan Kompol Heriyanto di Toboali, Jumat.

Pada proses verifikasi ini untuk tiap - tiap Polres hanya menyeleksi Bintara serta Tamtama, sedangkan untuk Taruna Akpol langsung proses seleksinya di Polda Babel.

Selain itu, dalam pemeriksaan administrasi awal ini Polres Basel melibatkan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Basel, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Basel serta Kemenag Basel untuk melakukan pemeriksaan ijasah lulusan Madrasah Aliyah.

" Polres Basel juga melibatkan pengawas eksternal dan internal, selain dari OPD yang terkait di Pemkab Basel," katanya.

Ia mengatakan, pemeriksaan administrasi awal sudah dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap pertama untuk Bintara sebanyak 214 orang pada 23 hingga 24 April 2024 , sedangkan tahap kedua untuk Tamtama sebanyak 18 orang pada 25 April 2024.

"Kendati para casis sudah lulus di verifikasi administrasi, namun nantinya saat berada di Polda Babel mereka tetap melalui proses seleksi lagi, yakni bersaing dengan seluruh casis yang ada di seluruh Polres di bawah jajaran Polda Babel," ujarnya.

Pihaknya menghimbau seluruh casis dan orang tua tidak mudah percaya terhadap siapapun yang menjanjikan bisa membantu meluluskan anaknya menjadi anggota Polri.

"Lebih baik siapkan diri dengan belajar, berlatih dan tidak lupa berdoa, karena masuk Polri ini tidak dipungut biaya alias gratis," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024