Sungailiat (Antara Babel) - Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mengajukan Puskesmas Petaling, Kecamatan Mendobarat, agar mendapatkan akreditasi dari Kementerian Kesehatan sehingga mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di daerah itu.

"Pengajuan penilaian untuk mendapatkan status sebagai Puskemas terakreditasi itu merupakan upaya untuk memenuhi standar pelayanan kesehatan dasar pada fasilitas kesehatan tingkat pertama," kata Kepala Dinkes Bangka, Then Suyanti di Sungailiat, Senin.

Menurut dia, ada beberapa hal yang akan menjadi penilaian, antara lain sumber daya manusia, kelengkapan sarana dan prasarana serta sistem pelayanan yang ada di Puskesmas itu.

"Penilaian telah dilakukan oleh oleh Lembaga Independen Penyelenggara Akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan beberapa waktu lalu dan sekarang kita masih menunggu hasilnya," katanya.

Pihaknya optimistis Puskesmas Petaling akan meraih akreditasi karena segala sesuatu telah dipersiapkan dengan baik.

"Saya berharap banyak dengan Puskesmas Petaling karena Puskesmas ini merupakan Puskesmas pertama se-Babel yang kita ajukan untuk dilakukan penilaian," katanya.

Keberhasilan Puskesmas Petaling merupakan motivasi besar bagi Puskesmas di Babel pada umumnya dan di Kabupaten Bangka khususnya.

Ia mengatakan, Pemda Bangka berkomitmen segera memenuhi sarana dan prasarana Puskesmas baik gedung, alat kesehatan dan tenaga kesehatan sehingga diharapkan seluruh Puskesmas di Kabupaten Bangka  memenuhi standar sebagaimana yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

"Dengan akreditasi diharapkan akan terus menimbulkan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan Puskesmas yang telah diakui mutunya oleh lembaga yang tepercaya," katanya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016