Pangkalpinang (Antara Babel) - Satuan Intelkam Polres Pangkalpinang dan Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang menjalin kerja sama membangun daya cegah dan tangkal terhadap paham radikalisme pro kekerasan dan intoleransi guna mendukung tiga program prioritas Kapolri.

Kasat Intelkam Polres Pangkalpinang, Iptu Adi Putra, di Pangkalpinang, Senin, mengatakan kerja sama ini perlu dibuat guna mencegah paham radikalisme sehingga pemerintah melalui instansi-instansi terkait wajib memberikan arahan dan sosialisasi baik kepada msayarakat maupun sekolah-sekolah.

"Ini merupakan implementasi dari program prioritas Kopolri, salah satunya adalah pencegahan paham radikalisme dan intoleransi. Maka dari itu hari ini kami menjalin kerja sama dengan Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang, sehingga timbulnya kesepahaman untuk menyosialisasikan ke sekolah-sekolah," ujarnya.

Ia mengatakan, para siswa merupakan bibit yang harus dijaga dan dibina agar paham radikalisme tidak masuk dan menyebar kepada mereka sekaligus membendung munculnya generasi-genarasi pro radikalisme dan kekerasan.

"Nantinya kami akan turun langsung ke sekolah-sekolah bersama untuk melakukan sosialisasi sebagai upaya cegah dini terhadap paham-paham seperti ini," katanya.

Ia berharap dengan terlaksananya kerja sama tersebut tidak akan ada lagi generasi muda masuk kelompok pro radikalisme.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang, Edison Taher mengatakan kerja sama tersebut untuk meningkatkan pemahaman tentang radikalisme di lingkungan sekolah agar bisa diantisipasi secara dini.

"Kegiatan ini dilaksanakan untuk antisipasi agar paham radikalisme tidak masuk ke lingkungan sekolah. Selain paham radikalisme, kami juga membahas permasalahan narkoba dan kenakalan pelajar," ujarnya.

Ia menyebutkan, penanaman bahaya paham radikalisme ini penting agar nanti para pendidik bisa secara langsung mengajarkan kepada anak-anak didik mereka.

"Hari ini para guru saja yang ikut dalam kegiatan sosialisasi ini, tapi selanjutnya para siswa yang akan menjadi prioritas kami. Saya harap kegiatan

Pewarta: Try Mustika Hardi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016