Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Safrizal ZA melepas keberangkatan 450 calon jemaah haji menuju tanah suci Mekah di Asrama Haji Kepulauan Babel di Kota Pangkalpinang Rabu dini hari.

"Kami mengucapkan selamat menjalankan ibadah haji dan mudah-mudahan lancar dalam perjalanan serta terhindar dari larangan-larangan selama menjalankan ibadah haji," kata Safrizal ZA di Pangkalpinang, Rabu dini hari.

Ia mengatakan sebanyak 450 calhaj yang dilepas pada Rabu (15/5) pukul 03.30 WIB menuju Embarkasi Palembang Provinsi Sumatera Selatan merupakan calhaj tergabung dalam kloter 4 berasal dari Kota Pangkalpinang 280 orang, Kabupaten Bangka 159 orang, Bangka Tengah 2 orang, PHD 3 orang, KBIHU 1 orang dan petugas pendamping kloter 5 orang.

Keberangkatan calhaj dari Bandara Depati Amir Pangkalpinang menuju Embarkasi Palembang dilakukan pada pukul 05.00 WIB dan diperkirakan tiba di Embarkasi Palembang pada pukul 05.30 WIB dan pada pukul 10.50 WIB calhaj berangkat menuju tanah suci Mekah.

"Kami mendo’akan agar calhaj diberikan kekuatan lahir dan bathin serta kesehatan agar dapat melaksanakan rukun Islam yang sangat berat ini," ujarnya.

Ia menyatakan selama kurang lebih 40 hari, calhaj akan berada di tanah suci. Banyak orang berharta diantara kita. Namun Tidak semua orang yang berharta sanggup memenuhi panggilan Allah SWT ini.

"Panggilan suci untuk mendatangi rumah-Nya  si Kota Suci Mekah Al Mukarromah yang diberkahi ini," katanya.
 
Menurut dia memenuhi panggilan Allah ni tentunya menjadi kesempatan langka yang boleh jadi cuma sekali seumur hidup. Kesempatan ini harus diisi dengan meningkatkan kualitas ibadah wajib dan memperbanyak ibadah sunnah.

"Memperbanyak kuantitas dzikir, do’a dan sedekah. Kebiasaan baik yang dilakukan selama di Tanah Suci, semoga akan membekas dan menjadi kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari sehingga predikat Haji Mabrur dapat diraih," katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024