Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Syarizal ZA berharap jamaah calon haji Kepulauan Babel selalu menjunjung tinggi harkat dan martabat Bangsa Indonesia selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci Makkah.

"Kehadiran calhaj di tanah suci tidak hanya sekedar mewakili diri sendiri, tetapi juga hadir sebagai duta bangsa," kata Syafrizal ZA di Pangkalpinang, Sabtu.

Ia mengatakan jumlah jamaah calhaj asal Kepulauan Bangka Belitung yang berangkat menunaikan ibadah haji 2024 sebanyak 1.111 orang tersebar di enam kabupaten dan satu kota yaitu Kabupaten Bangka, Bangka Tengah, Bangka Barat, Bangka Selatan, Belitung, Belitung Timur dan Kota Pangkalpinang.

"Bertingkah lakulah dengan sopan, tertib dan berlapang dada serta tidak mudah tersinggung. Tunjukkan bahwa umat Islam Indonesia adalah teladan bagi umat yang lain. Umat yang ramah dan bersahabat bagi Muslim dari berbagai penjuru dunia," ujarnya.

Ia menyatakan selama di tanah suci hindari fikiran, perasaan dan perbuatan yang dapat mengurangi nilai kesempurnaan ibadah haji.

"Senantiasa menjaga keikhlasan bahwa apapun yang terjadi selama menjalankan ibadah haji, semua itulah ketentuan dan takdir yang telah Allah SWT gariskan," katanya.

Menurut dia dalam menjalankan ibadah haji ini selalu hadapi dengan sabar dan berprasangka baik terhadap Allah.

"Hal ini patut kita cermati bahwa ibadah haji tidak saja sebagai ibadah batin tapi juga ibadah lahir yang memerlukan fisik yang prima agar dapat melaksanakan rangkaian ibadah haji," katanya.

Ia berharap calhaj selalu menjaga kesehatan dengan perbanyak minum air zam-zam, mengkonsumsi makanan yang bergizi, makan buah-buahan dan sayuran serta kurangi kegiatan yang tidak langsung menunjang ibadah seperti keseringan berbelanja dan jalan-jalan," katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024