Tiga instansi pemerintahan di Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendapatkan nilai sangat baik dalam pengelolaan kearsipan.

"Tiga instansi pemerintahan mendapatkan penghargaan karena terbaik dalam mengelola arsip," kata Sekretaris Daerah Pemkab Bangka Selatan Harris Setiawan di Toboali, Rabu.

Ia menjelaskan, tiga instansi pemerintahan yang mendapatkan penghargaan tersebut adalah Kecamatan Toboali, Dinas Komunikasi dan Informatika dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan.

"Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi bagi organisasi perangkat daerah (OPD) tersebut karena telah meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan di bidang kearsipan," ujarnya.

Harris berharap penghargaan yang diberikan itu dapat meningkatkan semangat kerja dalam pengelolaan kearsipan di masing-masing instansi/lembaga tersebut yang pada akhirnya sistem administrasi juga berjalan dengan baik.

"Penilaian dan evaluasi ini tentu saja untuk melihat implementasi standar pengelolaan kearsipan yang sudah diterapkan," ujarnya.

Kepala Diskominfosta Bangka Selatan Yuri mengatakan pihaknya menyadari sebagai dinas yang mengawal implementasi pemerintahan berbasis elektronik, pengelolaan kearsipan saat ini telah bertransformasi ke dalam bentuk sistem informasi digital.

"Tak bisa di pungkiri sekarang ini segala bentuk pelayanan, maupun pengelolaan kearsipan sudah bertransformasi ke berbasis elektronik yang dapat mempermudahkan dalam memberikan informasi digital," ujarnya.

Yuri mengatakan sebelumnya kearsipan sangat identik dengan berkas serta dokumen yang menumpuk dalam rak dan ruang arsip, namun sekarang bentuk tersebut mulai tereliminir lalu berubah menjadi sistem kearsipan digital sehingga lebih efisien.

"Tentu kami sangat bangga dengan penghargaan ini, ke depan kami akan terus mengoptimalkan dukungan terhadap pengelolaan kearsipan di lingkungan Pemkab Bangka Selatan," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024