Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka peluang kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam sektor pemasaran berbagai produk unggulan lokal.

"Selama seharian penuh kami disuguhi berbagai jenis makanan yang berbahan baku ikan laut bercita rasa tinggi, berbagai jenis makanan tersebut jika produksinya cukup besar dan rutin kami siap bantu untuk dipasarkan di Jakarta," kata Kepala Biro Perekonomian Pemprov DKI Jakarta Sri Haryati saat berkunjung di Muntok, Sabtu.

Ia mengatakan cukup terkesan dengan ragam kuliner berbahan baku ikan laut yang ada di daerah kepulauan tersebut karena berbeda dengan daerah lain.

Menurut dia, ragam kuliner dan produk hasil tangkapan nelayan di daerah itu potensial untuk dipasarkan di Jakarta, bahkan jika memungkinkan bisa diekspor.

"Produk pangan berbahan hasil laut bisa dikerjasamakan dengan DKI Jakarta, bahkan jika memungkinkan di daerah kami terdapat 55 eksportir berbagai bahan pangan yang bisa dikerjasamakan," katanya.

Selain itu, kata dia, DKI juga memiliki perusahaan daerah Pasarjaya yang mengayomi sebanyak 153 pasar yang tentunya bisa dimanfaatkan daerah.  
    
Menurut dia, selain produk kelautan,  berbagai produk hasil perkebunan, pertanian dan lainnya juga memungkinkan untuk dipasarkan di Jakarta.

Ia mencontohkan, kebutuhan konsumsi daging sapi di Jakarta mencapai sekitar 165 ton perhari yang dipasok di pasar modern dan tradisional.

"Saat ini kebutuhan pangan Jakarta 98 persennya dipasok dari daerah lain, itu merupakan salah satu peluang yang bisa dimanfaatkan pengusaha yang ada di Bangka Barat," kata dia.

Untuk masalah harga, ujarnya, harga di Jakarta cukup baik, bahkan selama ini harga di Jakarta sebagai barometer harga di daerah.

Untuk menyukseskan beberapa rencana kerja sama, kata dia, peran serta masyarakat dan komitmen kepala daerah menjadi modal utama agar rencana yang sedang disusun bisa direralisasikan dan membawa manfaat bagi masing-masing daerah.

Sri Haryati berkunjung ke Bangka    Barat bersama rombongan Pemprov DKI Jakarta yang dipimpin Kepala Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan, Darmajuni dalam rangka penjajakan kerja sama berbagai bidang, salah satunya adalah rencana pembibitan dan pembesaran ternak sapi.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016