Dalam rangka menjaga kehandalan pasokan Listrik di Pulau Bangka, menjelang Idul Adha 1445H PT PLN (Persero) Unit Pelaksana Pembangkitan (UPK) Bangka Belitung melalui PLN Unit Layanan Transmisi dan Gardu Induk (ULTG) Bangka melakukan pemeliharaan di jalur transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 KV Pangkalpinang – Koba. 

Jalur Transmisi ini merupakan jalur utama yang menghubungkan pasokan Listrik dari Kota Pangkalpinang ke wilayah Bangka Tengah dan Bangka Selatan. Kegiatan pemeliharaan yang dilakukan adalah penggantian isolator tower transmisi di sisi Ground Steel Wire (GSW) dan Optical Ground Wire (OPGW) yang fungsinya kurang optimal akibat sambaran petir yang menyerang tower transmisi.

Manager PLN ULTG Bangka, Ebtian Apriantoro, Bersama Team Leader Pemeliharaan Jaringan ULTG Bangka, Bobb Jafenson DJ, menyampaikan jika pekerjaan pemeliharaan penggantian isolator harus segera dilakukan dengan cepat dan tepat dikarenakan isolator merupakan komponen penting dalam menjaga kehandalan sistem transmisi kelistrikan.

“Sesuai dengan data dari BMKG menunjukkan bahwa selama bulan April 2024, Pulau Bangka mengalami peningkatan aktivitas petir yang signifikan. Penyebab utama tingginya intensitas petir di Pulau Bangka adalah kondisi cuaca yang sering berawan dan berpotensi hujan, terutama pada musim peralihan dan musim hujan”, ujar Ebtian

Ia juga menyampaikan sembilan puluh persen gangguan transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi 150 KV yang terjadi di Bangka disebabkan oleh gangguan petir yang menyebabkan isolator rusak, oleh karena itu hari ini tim segera melakukan penggantian (isolator) paska mendapatkan laporan adanya anomali dari petugas inspeksi di lapangan. 

“Mengetahui terjadi annomali pada operasi tower SUTT 150kV jalur Pangkalpinang-Koba, kami gerak cepat menelusuri annomali tersebut. Setelah didapatkan Tim PLN ULTG Bangka segera melakukan penggantian untuk menjaga keandalan suplay listrik dari Pangkalpinang ke wilayah Bangka Tengah dan Bangka Selatan  tidak terganggu, apalagi saat ini sebentar lagi umat muslim akan merayakan hari raya Idul Adha 1445H”, tambah Ebtian.

Sementara Manager PLN UPK Babel, Wayan Budi Laksana saat dikonfirmasi membenarkan adanya kegiatan pemeliharaan tersebut dan menyampaikan bahwa pekerjaan dilakukan di Tower Transmisi Jalur Pangkalpinang-Koba sebanyak 5 Tower, yaitu Tower nomor 75, 77, 116, 117, dan 118 dan dilakukan tanpa padam.

“Pemeliharaan tower SUTT 150kV mencakup berbagai aspek, seperti pengecekan kondisi fisik tower, memastikan keamanan jalur transmisi, serta penanggulangan korosi dan kerusakan struktural lainnya. Selain itu, PLN juga berfokus pada modernisasi sistem monitoring dan pengawasan dengan teknologi terkini untuk meningkatkan efisiensi dan respons cepat terhadap potensi gangguan”ungkap Wayan.

PLN terus berkomitmen dan berupaya untuk memelihara infrastruktur kelistrikan dengan standar tertinggi. Pemeliharaan tower sutet dilakukan secara berkala dan terencana untuk menjamin keandalan pasokan listrik yang aman dan stabil bagi seluruh pelanggan, dan PLN terus berkomitmen  menjalankan tanggung jawabnya untuk memberikan layanan kelistrikan yang optimal serta memastikan infrastruktur vital seperti tower sutet selalu dalam kondisi terbaik.

Pewarta: Try M Hardi

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024