Penjabat Bupati Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Yuspian menerima karikatur dirinya yang merupakan hasil karya Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas II B Tanjung Pandan.

"Saya sangat mengapresiasi atas inovasi dan kreativitas para WBP Lapas Kelas II B Tanjung Pandan," katanya di Tanjung Pandan, Rabu.

Hal ini disampaikannya usai menyerahkan penghargaan kepada Lapas Kelas II B Tanjung Pandan karena telah mewujudkan pelayanan publik inovatif kepada masyarakat.

Dirinya mengapresiasi Lapas Kelas II B Tanjung Pandan yang mampu menjaga kondusifitas lapas, serta berinovasi guna memberikan pembinaan serta pelayanan bagi WBP maupun masyarakat dalam mengakses layanan.

"Hal ini menjadi faktor utama untuk melepaskan stigma "seram" pada lembaga pemasyarakatan menjadi lebih ramah dalam birokrasi," ujarnya.

Baca juga: Pj Bupati Belitung tanggapi kabar soal dirinya maju di Pilkada 2024

Ia menyebutkan, pemerintah daerah memberikan penghargaan atas empat program inovasi unggulan yang dikembangkan oleh Lapas Kelas II B Tanjung Pandan.

Keempat program inovasi unggulan Lapas Kelas II B Tanjung Pandan tersebut yakni "Manggar" (Mobil Antar Keluarga Bahagia Sampai Rumah) "Lanksat" (Layanan Kesehatan Terintegrasi), "Kampit" (Kamis Melampun di Ruang Tunggu), dan "Bekawan" (Belanja Karya Warga Binaan).

"Kami akan terus bersinergi dan mendukung Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBBK) di Lapas Tanjung Pandan," katanya.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Tanjung Pandan, Gowim Mahali di Tanjung Pandan, Rabu mengucapkan terimakasih atas dukungan Pemkab Belitung dalam pelaksanaan tugas dan fungsi pemasyarakatan di Lapas Kelas II B Tanjung Pandan.

Disampaikan, seluruh jajaran di Lapas Kelas II B Tanjung Pandan sudah menandatangani fakta integritas pembangunan Zona Integritas (ZI) di Lapas Tanjungpandan. 

Ia menambahkan, hal ini menjadi komitmen dan tanggungjawab bersama guna menjaga marwah Lapas Tanjungpandan yang berdampak positif bagi masyarakat.

"Seluruh jajaran Lapas Kelas II B Tanjung Pandan berkomitmen untuk membangun citra positif institusi melalui peningkatan kinerja dan pelayanan yang inovatif serta menjaga integritas dalam pelaksanaan tugas," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024