Komisi Pemilihan Umum(KPU) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan meluncurkan maskot dan jingle pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024, pada Sabtu (15/6) di Alun-alun Taman Merdeka Kota Pangkalpinang.

"Dengan peluncuran jingle dan maskot pilkada ini kami ingin menyampaikan kepada publik bahwa tanggal 27 November 2024 kita akan melaksanakan pilkada serentak, pemilihan gubernur-wakil gubernur, wali kota-wakil wali kota dan bupati-wakil bupati," kata Anggota KPU Provinsi Babel Deni di Pangkalpinang, Kamis.

Ia mengatakan pada Pilkada kali ini KPU Babel mengedepankan konsep penyampaian sosialisasi dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih.

"Target partisipasi kita di Pilkada serentak tahun ini 77 persen dan kami akan berusaha mencapai angka partisipasi ini," ujarnya.

Maskot dan jingle yang akan diluncurkan pada kegiatan ini merupakan hasil dari lomba jingle dan maskot yang digelar KPU Babel dengan total hadiah mencapai Rp500 juta.

Dalam lomba tersebut antusias masyarakat cukup tinggi, terbukti panitia berhasil mengumpulkan sebanyak 103 maskot dan 49 jingle yang mengikuti lomba tersebut.

"Untuk penilaian kita melibatkan akademisi, praktisi sesuai bidang dan keahlian masing-masing, dan untuk maskot yang kita pilih itu kereta surong karena ada filosofi di dalamnya," katanya.

KPU Babel sengaja melakukan peluncuran maskot dan jingle Pilkada serentak di Alun-alun Taman Merdeka Pangkalpinang untuk menarik perhatian masyarakat Kota Pangkalpinang agar mereka mengetahui bahwa tahapan pilkada sudah dimulai.

"Target kita bisa mendatangkan sekitar delapan ribu hingga 10 ribu penonton. Kita juga ada dua kali siaran langsung karena sosialisasi berbasis digital ini juga dapat mengundang partisipasi masyarakat. Untuk memeriahkan acara kita juga mendatangkan bintang tamu Padi band dan tiga grup band lokal asal Pangkalpinang," katanya.

Melalui kegiatan ini diharapkan animo masyarakat terus meningkat sehingga pelaksanaan Pilkada 2024 bisa sesuai target pemilih yang sudah ditetapkan.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024