Ketua Pengurus Cabang Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, periode 2019-2023, Vina Cristyn Ferani mengatakan berkesempatan menjadi ketua PBVSI Belitung memberikan banyak pengalaman dan hal yang baru di dalam perjalanan hidupnya.

"Sejak saya menjabat sebagai Ketua PBVSI Belitung saya banyak bertemu keluarga baru dan saya mendapatkan dukungan dari pengurus, wasit, dan atlet-atlet voli Belitung," katanya di Tanjung Pandan, Sabtu.

Hal ini disampaikannya dalam acara Musyawarah Kabupaten (Muskab) PBVSI Belitung Tahun 2024 di ruang rapat Dinas Pemuda dan Olahraga Belitung, Sabtu (15/6).

Ia mengatakan, mendapatkan kepercayaan menjadi ketua PBVSI Belitung merupakan pengalaman pertama bagi dirinya menjadi ketua atau pengurus organisasi olahraga di daerah itu.

"Namun meskipun baru pertama kali, saya mendapatkan banyak pengalaman baru dan dukungan dari rekan-rekan pengurus PBVSI Belitung maka saya ucapkan banyak terimakasih," ujarnya. 

Ia menambahkan, kepengurusan PBVSI Belitung periode 2019-2023 tidak terlepas dari sejumlah tantangan dan dinamika yang terjadi, khususnya di masa-masa awal dirinya dilantik sebagai ketua PBVSI Belitung.

Dirinya menceritakan, bahkan salah satu turnamen yang digelar saat itu sempat dihentikan di tengah jalan karena pandemi COVID-19.

"Saya dilantik akhir 2019 dan diawal 2020 kita langsung gas menggelar turnamen namun harus terhenti karena pandemi COVID-19. Pada saat itu dana event tidak cukup, namun sama-sama kompak event harus dilanjutkan dengan konsekuensi honor harus dipotong, dengan semangat gotong-royong semua rela dan di tengah keterbatasan turnamen dapat dilanjutkan," katanya.

Menurutnya, semasa kepengurusan dirinya sebagai Ketua PBVSI Belitung sejumlah turnamen dan kejuaraan sukses digelar seperti Liga Voli Belitung (Livobel) U-21, Gubernur Cup, Bupati Cup, Rudianto Tjen Cup, dan turnamen-turnamen di tingkat kecamatan seperti Air Gede dan Mingket Cup.

"Khusus Bupati Cup mulai sejak 2023 dan seterusnya akan dijalankan setiap tahunnya dengan menggunakan anggaran APBD Belitung," ujarnya.

Ia pun mengaku, salah satu prestasi yang paling membanggakan adalah kontingen bola voli putra dan putri Belitung berhasil meraih medali perunggu di ajang Porprov VI Babel 2023 lalu.

"Semoga pengurus PBVSI Belitung yang baru bisa menyumbangkan medali emas di ajang Porprov Babel mendatang," katanya.

Selain itu, dirinya optimis, Ketua PBVSI Belitung dan jajaran pengurus baru dapat memajukan olahraga bola voli di daerah itu.

"Apalagi sosok Edi Usdianto adalah orang yang berpengalaman dan pernah menjabat sebagai Sekretaris Dispora Belitung dan Ketua Pengcab PRSI Belitung sehingga tahu apa yang harus dilakukan. Harapannya apa yang sudah kami lakukan dan yang sudah baik dapat di tingkatkan lagi," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024