Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan, dan Tenaga Kerja (DKUKMPTK) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Syamsudin mengatakan pelaksanaan kegiatan Belitung Expo 2024 menjadi momentum untuk menggeliatkan pelaku UMKM di daerah itu.

"Kegiatan Belitung Expo 2024 akan berlangsung di kawasan wisata pantai Tanjung Pendam mulai 1 -5 Juli mendatang," katanya di Tanjung Pandan, Rabu.

Menurut dia, pelaksanaan Belitung Expo 2024 diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Tanjung Pandan (HJKT) ke-186.

"Selain itu, Belitung Expo adalah agenda rutin yang digelar setiap tahun salah satunya adalah dalam rangka memperingati Hari Jadi Kota Tanjung Pandan (HJKT)," ujarnya.

Ia menambahkan, Belitung Expo 2024 juga menjadi ajang mempromosikan produk-produk yang dihasilkan oleh koperasi, UMKM, serta binaan BUMN.

"Tentunya Belitung Expo 2024 juga bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada peserta pameran untuk melakukan transaksi dagang secara langsung," katanya.

Dikatakan dia, kegiatan Belitung Expo 2024 akan dibagi ke dalam beberapa zona, mulai zona Makanan Nusantara, zona Jajanan Viral, zona Kopi dan Nongki, serta zona Kriya.

Menurutnya, bagi pelaku UMKM yang ingin ikut berpartisipasi di Zona Makanan Nusantara Zona Jajanan Viral, Zona Kopi dan Nongki wajib memiliki sertifikat halal dan membawa sampel produk terlaris untuk dilakukan pengujian (test food).

Sedangkan bagi pelaku UMKM yang ingin berpartisipasi di zona Kriya wajib memiliki sertifikat HAKI atau minimal melampirkan bukti pendaftaran.

Di samping itu, semua peserta Belitung Expo 2024 wajib melampirkan Nomor Induk Berusaha (NIB).

"Berkas pendaftaran akan diseleksi oleh panitia Belitung Expo 2024 karena kuota stand terbatas. Bagi peserta yang lolos akan langsung dimasukkan ke dalam grup sesuai zona dan informasi akan disebarluaskan di dalam grup," katanya.

Adapun waktu pendaftaran Belitong Expo 2024 dibuka 24-25 Juni 2024. Semua persyaratan dapat diantarkan langsung ke kantor PLUT KUKM Belitung, jalan Mayjend Bambang Utoyo, Tanjung Pandan. 

"Kami menerima pendaftaran peserta mulai pukul 09.00-11.00 WIB," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024