Koba (Antara Babel) - Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung merekrut panitia pengawas lapangan yang akan membantu mengawasi Pilgub 2017.

"PPL itu nanti tersebar di 63 desa di Kabupaten Bangka Tengah, peminatnya sangat banyak dan sampai sekarang tercatat jumlah pendaftar sebanyak 155 orang," kata Ketua Panwaslu Bangka Tengah, Yudi Purwanto di Koba, Minggu.

Ia menjelaskan, sebanyak 155 pendaftar jadi PPL tersebut sudah dinyatakan lulus persyaratan administrasi dan dilanjutkan dengan tes wawancara yang dilaksanakan di tingkat Panwascam.

"Di Bangka Tengah terdapat enam kecamatan, maka peserta mengikuti tes di kecamatan masing-masing yaitu Kecamatan Koba, Lubuk Besar, Namang, Simpangkatis, Sungaiselan dan Kecamatan Pangkalanbaru," ujarnya.

Ia mengatakan, secara teknis tes wawancara diserahkan sepenuhnya kepada Panwascam karena sebelumnya sudah diberikan arahan hanya tinggal melaksanakan.

"Namun yang pasti tes wawancara dijadwalkan pada Senin (22/8) di sekretariat Panwascam di enam kecamatan," ujarnya.

Ia mengatakan, PPL ini merupakan garda paling depan bagi Panwaslu dalam melakukan pengawasan terhadap jalannya proses pemilihan gubernur dan wakil gubernur.

"Mereka yang akan melakukan pengawasan hingga ke pelosok desa sehingga Pilgub yang akan digelar pada 2017 berjalan tanpa ada kecurangan," ujarnya.

Yudi juga berharap perekrutan PPL benar-benar dilakukan secara katat agar terpilih anggota PPL yang mengerti dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing.

"Namun yang paling penting bai kami adalah anggota PPL yang berintegritas, netral dan tidak terlibat politik praktis," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016