Asisten Sekretaris Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Muhtar menyebutkan layanan digital yang saat ini berkembang pesat menjadi sarana strategis untuk memasarkan desa wisata.

"Saya sarankan pengelola desa wisata memanfaatkan layanan digital sehingga objek wisata dan potensi wisata yang dikembangkan di masing-masing desa banyak dikenal dan dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara," kata Muhtar di Sungailiat Kabupaten Bangka, Rabu.

Layanan digital yang dapat dimanfaatkan oleh pengelola desa wisata sebagai sarana pemasaran seperti facebook, Youtube dan yang lain termasuk pula saling membagikan informasi mengenai destinasi wisata.

"Saya optimistis dengan memanfaatkan layanan digital untuk memasarkan objek wisata, desa itu akan cepat dikenal karena diketahui sekarang setiap orang sudah memegang android," jelas dia.

Prinsip utama dalam desa wisata adalah desa membangun, yaitu fokus kepada pemberdayaan masyarakat untuk dapat membangun desanya secara mandiri.

Pengembangan desa wisata merupakan misi pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui pengembangan usaha produktif di bidang pariwisata, sesuai dengan potensi dan sumber daya lokal.

Terhitung dari tahun 2021 hingga 2023, tercatat 13 desa wisata sudah dibentuk di sejumlah wilayah kecamatan, jumlah itu diharapkan sampai akhir tahun 2024 terus bertambah guna meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka, Rismy Wira Madona mengatakan media digital saat ini mendominasi dalam berbagai aspek kehidupan. Media digital membuat informasi dan konten dapat diakses dengan mudah oleh siapa saja, kapan saja, dan di mana saja, selama terhubung ke internet.

"Pengembangan desa wisata dengan penyusunan standard destinasi, pengelolaan, dan peningkatan kualitas SDM diyakini akan mampu meningkatkan kualitas lingkungan, kesejahteraan masyarakat dan kelestarian budaya masyarakat di desa wisata," kata Rismy Wira Maddona.

 

Pewarta: Kasmono

Editor : Rustam Effendi


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024