Sungailiat (Antara Babel) - Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia, Cabang Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ridwan mengingatkan seluruh nelayan tradisional di daerahnya agar melengkapi jaket pengaman saat melakukan penangkapan ikan di laut.

"Saya minta seluruh nelayan yang melakukan penangkapan ikan hendaknya melengkapi jaket pengaman dan peralatan lainnya saat di laut untuk mengantisipasi jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan," katanya di Sungailiat, Rabu.

Menurutnya, jaket pengaman dan perlengkapan keamanan lainnya merupakan kelengkapan yang harus dipenuhi oleh nelayan tradisional.

"Bila perlu pada saat menangkap ikan, jaket pengaman harus dipakai karena kondisi gelombang air laut sewaktu-waktu bisa berubah-rubah tanpa disadari oleh nelayan," ujarnya.

Dia juga minta kepada nelayan selain jangan berjauhan antara nelayan yang satu dengan lainnya saat menangkap ikan, hendaknya pula segera melaporkan ke pihak kepolisian jika ada ancaman keamanan di laut.

"Segera melaporkan ke pihak kepolisian di sejumlah pos yang terdekat jika mengetahui adanya ancaman gangguan keamanan di laut baik secara langsung maupun melalui jaringan radio," kata Ridwan.

Keselamatan dan keamanan kata dia, menjadi hal penting yang harus dijaga oleh seluruh nelayan agar aktivitas penangkapan berjalan lancar.

"Nelayan dapat melaporkan ke pihaknya jika mengalami kendala penangkapan baik masalah kawasan penangkapan maupun masalah lainnya yang terkait dengan kegiatan penangkapan ikan," ujarnya.

Pewarta: Kasmono

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016