Pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Desa Airbara Kecamatan Airgegas Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mampu meraup keuntungan jutaan rupiah pada kegiatan Perkemahan Wirakarya Cabang (PWCab) III Gerakan Pramuka Bangka Selatan Tahun 2024.

Kegiatan yang dilaksanakan di Bumi Perkemahan Air Tawas Desa Airbara Kecamatan Airgegas selama lima hari (19-23 Juli) memberikan dampak positif bagi para pelaku UMKM di daerah itu.

"Ramainya pengunjung di acara ini, saya mendapatkan keuntungan selama tiga hari sekitar Rp4 juta," kata Ratna pelaku UMKM Desa Airbara, Senin malam.

Ia berterima kasih kepada Pemkab Bangka Selatan dan Pemerintah Desa yang telah memberikan kesempatan dan memfasilitasi pelaku UMKM untuk berpartisipasi di acara tersebut.

"Semoga kedepan lebih banyak lagi kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di Desa, karena sangat membantu meningkatkan pendapatan pelaku UMKM," ujarnya.

Sementara itu, penjual minuman es bernama Metri dapat merasakan keuntungan sebesar Rp3 juta selama kegiatan tersebut dilaksanakan.

Ia mengatakan, dalam sehari dirinya mampu menjual minuman es sebanyak 200 gelas dengan harga Rp5000. Namun pada malam kegiatan api unggun es yang terjual sebanyak 400 gelas.

"Alhamdulillah, dengan adanya kegiatan ini, kami pelaku UMKM sangat terbantu. Semoga kegiatan seperti ini bisa kembali dilaksanakan sehingga pelaku UMKM bisa lebih maju," ujarnya.

Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah Perindustrian dan Perdagangan Bangka Selatan, Anshori mengatakan, pihaknya bersama pemerintah desa menyiapkan lapak bagi pelaku UMKM untuk berjualan.

"Ada 62 lapak UMKM yang disiapkan pada kegiatan ini untuk membantu meningkatkan perekonomian para pelaku UMKM di Desa Airbara," ujarnya.

Kepala Desa Airbara, Mukhlis Insan berterima kasih kepada pemerintah kabupaten Bangka Selatan yang telah menyiapkan 62 lapak bagi pelaku UMKM.

"Secara omzet yang didapatkan oleh Pelaku UMKM pada kegiatan ini sangat luar biasa, berdasarkan informasi yang kami terima tadi omzet pelaku UMKM mencapai Rp60 juta," ujarnya.

Pewarta: Rusdiyanto

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024