Muntok (Antara Babel) - Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memilih Muhammad Fachri dan Ratna Tiya sebagai duta wisata daerah di ujung barat Pulau Bangka itu.

"Terpilihnya Fachri sebagai bujang dan Ratna sebagai dayang pada Pemilihan Bujang-Dayang Bangka Barat secara otomatis menjadikan mereka duta wisata. Kami berharap mereka mampu melaksanakan tugasnya ikut memajukan pariwisata daerah," kata Ketua Panitia Pemilihan Bujang-Dayang Kabupaten Bangka Barat, Chairul Amri Rani di Muntok, Minggu.

Pemilihan bujang-dayang atau sejenis pemilihan abang-none di Jakarta dan dimas-diajeng di Jawa Tengah merupakan salah satu ajang prestisius.

Menurut Amri Rani, Fachri dan Ratna yang terpilih menjadi bujang-dayang memiliki tugas tucup berat karena mereka akan menjadi duta wisata daerah selama satu tahun ke depan.

"Mereka memiliki tugas mempromosikan potensi yang ada di Bangka Barat di seluruh ajang yang diikuti dan aktivitas sehari-hari. Kami berharap mereka mampu mengangkat nama daerah," kata dia.

Fachri dan Ratna layak dipilih menjadi bujang-dayang Bangka Barat menyisihkan puluhan peserta lain karena memiliki kemampuan dan pengetahuan luas sesuai kriteria yang diharapkan.

"Selain menjadi duta wisata Bangka Barat mereka juga berhak mewakili kabupaten untuk bertarung di ajang yang sama di tingkat Provinsi Babel," kata dia.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016