Koba (Antara Babel) - Pos Angkatan Laut (Pos AL) Tanjung Berikat, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengingatkan para nelayan di daerah itu agar mewaspadai cuaca buruk yang dapat memicu gelombang tinggi.

"Cuaca sekarang tidak menentu, kadang-kadang cukup ekstrem, maka nelayan harus waspada karena kondisi tersebut bisa menimbulkan kecelakaan di laut," ujar Komandan Pos AL Tanjung Berikat, Serda Ahmad Fikri di Koba, Minggu.

Ia menyampaikan hal itu menyikapi kondisi gelombang cukup tinggi yang disertai angin kencang di beberapa wilayah laut Bangka Belitung.

"Nelayan harus selalu memantau kondisi cuaca sebelum turun melaut karena itu penting untuk menghindari kecelakaan dan jangan pernah lupa membawa alat keselamatab yang bisa membantu apabila terjadi kecelakaan di laut," ujarnya.

Ia juga menyarankan para nelayan agar turun ke laut secara berombongan dan lokasi tangkap ikan diusahakan berdekatan sehingga bisa saling mengingatkan serta saling membantu jika terjadi kecelakaan di laut.

"Kalaupun harus terpaksa melaut saat cuaca kurang bagus, maka usahakan tidak terlalu jauh ke tengah dan lokasi tangkapnya berdekatan," ujarnya.

Namun demikian, Fikri menyarankan para nelayan sebaiknya berlindung atau mencari tempat yang aman dari terjangan gelombang jika terjadi cuaca buruk.

"Yang pasti nelayan jangan lupa bawa alat keselamatan misalnya pelampung dan peralatan lainnya serta wilayah tangkap ikan diusahakan berdekatan dengan nelayan lain untuk memudahkan mendapatkan pertolongan ketika terjadi kecelakaan laut," ujarnya.

Pewarta: Ahmadi

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016