Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bangka Selatan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggelar bimbingan teknis (Bimtek) penyelesaian sengketa dan penanganan pelanggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) kepada seluruh anggota Panwascam di daerah itu.

"Bimbingan teknis ini sangat penting untuk peningkatan kapasitas Panwascam dalam proses penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa pada Pilkada 2024," kata Koordinator Divisi penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa Bawaslu Bangka Selatan, Azhari di Toboali, Selasa.

Ia mengatakan, Bawaslu Bangka Selatan memberikan bimbingan teknis terkait dengan sengketa yang mungkin saja terjadi antar peserta Pilkada dengan penyelenggara maupun antar sesama peserta.

"Dengan adanya bimbingan teknis ini, jajaran Panwascam dapat memahami upaya-upaya mekanisme penyelesaian sengketa," ujarnya.

Selain itu, Panwascam juga harus paham terkait mekanisme penanganan pelanggaran mulai dari penerimaan laporan ataupun temuan dugaan pelanggaran di masing-masing kecamatan.

"Dalam penyelesaian sengketa, pengawas harus netral tidak boleh berpihak. Makanya dengan adanya bimbingan teknis ini mereka akan diberikan pemahaman dalam penyelesaian sengketa dan penanganan pelanggaran," ujarnya.

Pewarta: Rusdiyanto

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024