Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Safrizal ZA melantik Budi Utama, sebagai Penjabat (Pj) Walikota Pangkalpinang untuk menggantikan Lushje Anneke Tabalujan yang sebelumnya sudah menjabat selama 8 bulan sebagai Pj Walikota Pangkalpinang.

"Dengan karir lurah, camat, eselon II di Provinsi insyaallah bisa menjadi pimpinan yang baik di lingkungan kota Pangkalpinang," kata Pj Gubernur Safrizal kepada media di Pangkalpinang, Rabu sore.

Pj Gubernur Safrizal mengatakan Budi Utama sudah memiliki karier yang cukup bagus sejak di kelurahan, Kecamatan, hingga eselon II di Dinas Sosial dan PMD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, sehingga dinilai layak memimpin kota Pangkalpinang.

Ia juga mengingatkan bahwa jabatan Pj kepala daerah ini tidak ada apa-apa, bahkan meski SK nya dicantumkan satu tahun, namun sangat jarang yang sampai satu tahun.

"Jadi pejabat daerah memang tidak mudah karena benar saja belum tentu dibenarkan, apalagi salah. Dan benar juga belum tentu dipuji. Kuatkan mental dengan semua kritikan agar tetap tangguh menjalankan tugas," ujarnya.

Baca juga: Budi Utama dilantik sebagai Pj Wali Kota Pangkalpinang

Oleh karena itu ia berharap Budi Utama sebagai Pj Walikota Pangkalpinang yang baru ini dapat merangkul semua pihak dan semua tugas harus di support oleh forkopimda lainnya.

"Kita tidak mungkin berhasil sendirian, cari dukungan dari semua pihak, tetaplah rendah hati dan ajak kerjasama semua pihak agar bisa menyelesaikan semua persoalan dengan sebaik-baiknya. Segera bertugas dan petakan tugas apa saja yang harus di kerjakan dulu," ujarnya.

Menurut Safrizal, beberapa tugas utama yang harus menjadi fokus kepala daerah yakni penanganan inflasi, stunting dan pertumbuhan ekonomi ini tugas tidak bisa ditolak selaku pejabat pemerintahan.

Selain itu kepala daerah juga harus menjaga netralitas menjelang pilkada dan mencontohkan sebagai pejabat yang netral karena dia akan bertugas menetralkan para pejabat di lingkup kota Pangkalpinang.

Dan terpenting lagi Pj Walikota baru harus melanjutkan apa yang telah dilakukan oleh Pj Walikota yang lama, Ibu Lushje agar semua kondisi bisa stabil, bagus, rapi dan bersih dengan target-target tercapai.

"Laki-laki normalnya mesti lebih baik dari perempuan, tapi setidaknya sekurangnya sama. Saya akan memonitor, memberi asistensi dan membantu supaya ekspektasi tercapai," ujarnya.

Pj Gubernur Safrizal juga mengucapkan terimakasih kepada Ibu Lushje Anneke Tabalujan  yang telah mengabdikan diri, meninggalkan keluarga dengan berpetualang keringat disamping tugas pokoknya di Kemendagri RI, tetap mengemban tugas sebagai Pj Walikota Pangkalpinang.

"Selama 8bulan Ibu Lushje sudah menunaikan tugasnya dan saya beri ponten A karena semua tugas dan kewajiban sudah Ibu tunaikan dengan sebaik-baiknya," tutup Safrizal.

Pewarta: Elza Elvia

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024