Pangkalpinang (Antara Babel) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan meresmikan "Groundbreaking" atau peletakan batu pertama pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Kelayang di Kabupaten Belitung, guna mempercepat pembangunan berbagai infrastruktur di kawasan itu.

"Peletakan batu pertama akan dihadiri oleh Menteri Pariwisata Arief Yahya, pada Jumat (2/9)," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Babel, KA Tajuddin di Pangkalpinang, Selasa.

Ia menjelaskan Presiden Joko Widodo melalui Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2016 menetapkan Tanjung Kelayang sebagai KEK Pariwisata, guna mempercepat pembangunan pariwisata dan perekonomian masyarakat di Pulau Belitung.

"Peresmian groundbreaking Tanjung Kelayang nanti juga akan dihadiri gubernur, bupati se-Babel, duta besar dan investor dari beberapa negara," ujarnya.

Menurut dia diresmikannya KEK Tanjung Kelayang ini dapat mempercepat pembangunan infrastruktur pendukung, seperti hotel, perpanjangan landasan pacu  bandara, pembangunan instalasi air bersih, peningkatan kapasitas listrik dan perluasan jalan dan lainnya.

"Kami berharap setelah peresmian nanti investor sudah melakukan berbagai kerja sama dengan pemerintah dalam membangun berbagai infrastruktur di KEK Tanjung Kelayang," ujarnya.

Ia berharap peresmian ini dapat mempercepat terwujudnya pembangunan pariwisata berwawasan lingkungan dan berkelanjutan yang akan berdampak positif terhadap pembangunan daerah, menekan angka pengangguran, kemiskinan dan masalah sosial lainnya.

"Mudah-mudahan 2017 berbagai pembangunan infrastruktur pendukung KEK Tanjung Kelayang sudah selesai," ujarnya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016