Sebanyak 32 orang calon anggota Paskibraka Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mulai mengikuti kegiatan pemusatan pendidikan dan pelatihan selama dua minggu ke depan.

"Sebanyak 32 calon anggota Paskibraka Belitung mulai mengikuti kegiatan pemusatan pendidikan dan pelatihan selama dua minggu ke depan," kata Ketua Panitia Kegiatan Pemusatan Pendidikan dan Pelatihan Paskibraka Belitung 2024, MZ Hendra Caya di Tanjung Pandan, Minggu.

Menurut dia, calon anggota Paskibraka Kabupaten Belitung tahun 2024 berjumlah sebanyak 32 orang terdiri dari 16 orang putra dan 16 putri.

"Mereka berasal dari siswa-siswi kelas X SMA, SMK, dan MA se-Kabupaten Belitung," ujarnya.

Ia mengatakan, tujuan dari kegiatan pemusatan pendidikan dan pelatihan bagi calon anggota Paskibraka Belitung 2024 adalah untuk mengarusutamakan Pancasila dalam NKRI yang ber-Bhinneka Tunggal Ika oleh anggota Paskibra yang merupakan putra dan putri terbaik daerah.

"Selanjutnya adalah menguatkan pembinaan kepemimpinan, keterampilan, dan kedisiplinan yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan, cinta Tanah Air, persatuan dan kesatuan, serta peningkatan wawasan kebangsaan," ujarnya.

Sekda menambahkan, selain itu, tujuan dari kegiatan Paskibraka adalah membentuk penerus perjuangan bangsa dan calon pemimpin bangsa yang memiliki karakteristik jiwa semangat Pancasila dan UUD 1945.

"Serta menanamkan dan menumbuhkan semangat patriotisme dan nasionalisme kemudian menciptakan agen perubahan dalam melestarikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Disampaikan MZ Hendra Caya, sebanyak 32 orang calon anggota Paskibraka Belitung 2024 merupakan mereka yang berhasil lolos seleksi sebelumnya dari sebanyak 298 orang siswa terdiri dari 138 putra dan 160 orang putri.

"Kegiatan pemusatan pelatihan dan pendidikan calon anggota Paskibraka Belitung tahun 2024 dilaksanakan selama 14 hari mulai hari ini sampai 18 Agustus mendatang di hotel GTV kecuali untuk Peraturan Baris Berbaris (PBB) dilaksanakan di Stadion Tanjung Pandan dan halaman kantor Bupati Belitung," ujarnya. 

Ia menjelaskan, kegiatan pemusatan pendidikan dan pelatihan tersebut akan diisi dengan kegiatan penyampaian materi guna meningkatkan ilmu pengetahuan, sikap, dan perilaku oleh para narasumber mulai dari pejabat TNI, Polres, Pemerintah Kabupaten Belitung, dan Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Belitung.

"Untuk pelatih PBB dan kesehatan jasmani berasal dari Kodim 0414/Belitung,  Lanud HAS Hanandjoeddin Belitung, Polres Belitung, dan Badan Kesbangpol Belitung, dan PPI Belitung," katanya.

Dirinya atas nama pemerintah daerah mengucapkan selamat mengikuti pendidikan dan pelatihan kepada 32 calon anggota Paskibraka Belitung 2024.

"Kami mengucapkan selamat kepada adik-adik yang lolos calon seleksi anggota Paskibraka Belitung 2024 dan kami harapkan untuk mengikuti seluruh kegiatan pendidikan dan pelatihan dengan sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab," ujarnya.

Pewarta: Apriliansyah

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024