Muntok (Antara Babel) - Sejumlah karya para perupa Muntok, Kabupaten Bangka Barat yang tergabung dalam Kelompok Rindudendam berupa lukisan, patung dan grafis yang dipamerkan di Museum Timah Indonesia Muntok menjadi ajang swafoto atau "selfie" para pengunjung yang hadir.

"Karya-karya para pegiat seni rupa lokal cukup menarik dan asyik untuk dijadikan latar belakang swafoto," kata seorang pengunjung, Gilang di Muntok, Selasa.

Ia mengatakan, karya seni berupa lukisan cukup dominan dalam pameran tersebut dengan menyajikan komposisi warna, keberagaman bentuk objek dan pesan yang ingin disampaikan para perupa cukup indah untuk dinikmati para pengunjung.

Selain memberikan pengalaman yang berbeda kepada para pengunjung dan penikmat seni, momentum keberadaan mereka dalam pameran tersebut juga patut diabadikan dalam bentuk swafoto.

"Kami berharap ke depan pameran sejenis tetap dilaksanakan, kalau bisa ditingkatkan, misalnya setahun dua kali," kata dia.

Menanggapi fenomena swafoto bersama karya tersebut, salah seorang peserta pameran Anung Nungser mengatakan swafoto juga merupakan salah satu bentuk apresiasi terhadap karya seni.

"Selain menikmati karya seni yang dipajang, mereka juga ingin mengabadikan momentum tersebut dalam bentuk swafoto," kata dia.

Menurut dia, apresiasi dalam bentuk swafoto di depan karya perlu mendapatkan apresiasi seluruh perupa dan diharapkan ke depan para pengunjung akan meniru atau ikut berkreasi dalam berbagai bidang seni sesuai minat individu masing-masing sehingga seni rupa di daerah itu semakin berkembang.

"Kami berharap apa yang sudah dicapai kawan-kawan Rindudendam akan terus meningkat dan berkembang, serta masyarakat bisa termotivasi untuk ikut berkreasi dan berkesenian sehingga hidup semakin indah," kata dia.  

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016