Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Bangka Selatan, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mulai melakukan latihan baris berbaris untuk persiapan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Bangka Selatan Evi Sastra di Toboali Selasa mengatakan, persiapan Paskibraka sudah dilakukan sejak Februari sampai Maret mulai dari tahap seleksi sampai dengan masa karantina di Gedung Olahraga Junjung Besaoh.

"Sebanyak 30 calon Paskibraka Bangka Selatan hasil seleksi yang sudah dilakukan sejak 31 Juli kemarin sudah melakukan pemusatan latihan dan masa karantina," katanya.

Ia mengatakan, selama pemusatan latihan dan masa karantina, calon Paskibraka akan dilatih dan dibina untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam baris berbaris.

"Dalam persiapan ini, mereka berlatih mulai dari pukul 07.00 sampai dengan pukul 17.00 WIB," ujarnya.

Ia mengatakan, calon Paskibraka tahun 2024 sebelumnya juga sudah mengikuti latihan gabungan bersama Paskibraka tahun 2023 sebagai pasukan empat lima untuk melatih kekompakan dalam baris berbaris.

"Sekitar tanggal 10 nanti, Paskibraka tahun 2023 akan memasuki pemusatan latihan untuk dilakukan kekompakan dalam segala formasi yang dibutukan pada saat upacara peringatan HUT RI nanti," ujarnya.

Dirinya meminta kepada calon Paskibraka untuk berlatih dengan fokus dan disiplin, sehingga dapat menjalankan tugas dengan baik.

"Kita optimis dengan mempersiapkan mental dan mengikuti latihan secara disiplin mereka mampu melaksanakan tugas ini dengan baik," ujarnya.

Evi mengatakan, calon Paskibraka tidak hanya dilatih baris berbaris, tetapi juga diberikan pemahaman tentang wawasan kebangsaan dan ideologi negara yang akan disampaikan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

"Mereka juga diberikan pemahaman tentang penting sebuah etika dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga di samping memiliki ilmu, mereka juga memiliki etika yang baik," ujarnya.

Ia juga meminta agar calon Paskibraka dapat menjaga kesehatan selama pemusatan latihan mengingat saat ini cuaca yang cukup panas sehingga dibutuhkan adaptasi yang baik.

"Kita sudah menyiapkan tim kesehatan untuk memantau kondisi kesehatan mereka, dan juga memberikan vitamin agar kesehatan mereka selalu terjaga dan dapat melaksanakan tugas dengan baik," ujarnya.
 

Pewarta: Rusdiyanto

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024