Pangkalpinang (Antara Babel) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Kota Pangkalpinang memprakirakan tiga kawasan daratan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berpotensi hujan dengan intensitas sedang pada Senin (5/9).

"Kami imbau untuk selalu tetap mewaspadai kondisi cuaca terutama pada skala lokal atau setempat yang bisa berubah kapan saja," kata Staf Koordinator Unit Analisa pada Kantor BMKG Pangkalpinang Deas Achmad Rivai, di Pangkalpinang, Minggu.

Dia menyebtukan, daratan tersebut, yaitu Jebus, Belinyu, dan Sungailiat, sedangkan daratan Mentok Pangkalpinang, Koba, Sungai Selan, Toboali, Tanjungpandan, Manggar, dan Selat Nasik berpotensi hujan ringan.

Kecepatan angin berkisar 6-25 kilometer per jam dari timur ke selatan dengan suhu 23-33 derajat Celsius dan kelembaban udara 55-97 persen.

Ia mengatakan, tinggi gelombang signifikan jalur penyeberangan Selat Bangka dan dan Selatan Bangka berkisar 0,5 meter, Selat Gelasa dan utara Bangka 0,75 meter, sedangkan Selat Karimata berkisar 1 meter.

"Kecepatan angin berkisar 8-32 kilometer per jam dari timur ke selatan. Diharapkan nelayan dan yang beraktivitas di laut waspada karena ketinggian gelombang dapat mencapai dua kali lipat dari sebelumnya," ujarnya lagi.

Sedangkan tinggi pasang air laut di Sungailiat Kabupaten Bangka 1,79 meter, Membalong Belitung 2,10 meter, Kelapa Kampit Belitung Timur 1,45 meter, dan Toboali Bangka Selatan 1,73 meter.

Kemudian di Pangkalpinang 2,40 meter, Belinyu Kabupaten Bangka berkisar 1,05 meter, Tanjungpandan Belitung 0,94 meter, dan di Mentok Kabupaten Bangka Barat berkisar 0,92 meter.

"Pasang dan ketinggian air laut dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pada arah dan kecepatan angin yang bertiup. Waspadai kondisi cuaca yang cepat berubah," ujarnya lagi.

Pewarta: Mulki

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016