Jakarta (Antara Babel) - Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Agus Supriatna melakukan pertemuan bilateral (bilateral meeting) dengan sembilan Kasau dari negara-negara ASEAN, di Hotel Ambarukmo, Yogyakarta, Selasa.

Kadispenau TNI AU Marsekal Pertama (Marsma) TNI Jemi Trisonjaya, dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Selasa, mengatakan pertemuan bilateral itu menjelang pembukaan Konferensi Kasau negara-negara ASEAN (ASEAN Airfoce Chiefs Conference/AACC) ke-13 tahun 2016, di Yogyakarta. Pelaksanaan konferensi itu berlansung pada 6-9 September 2016.

Pemimpin Angkatan Udara pertama yang melakukan pertemuan dengan Kasau, kata Kadispenau, adalah Panglima Angkatan Udara Kamboja (Commander of Royal Cambodian Air) General Soeung Samnang.

Dalam petemuan itu, Kasau didampingi Aspam Kasau Marsekal Muda (Marsda) TNI Dedy Permadi, Asops Kasau Marsda TNI Barhim, Gubenur AAU Marsda TNI Iman Sudrajat. Sementara Panglima Angkatan Udara Kamboja, didampingi dua orang perwira stafnya.

Kedua pemimpin Angkatan Udara itu, kata Jemi, sepakat untuk meningkatkan hubungan yang lebih erat lagi di masa mendatang.  Beberapa keraja sama antarkedua Angkatan Udara yang mungkin bisa dilakukan antara lain di bidang pertukaran kunjungan perwira (Exchane Visit Officer Program) serta bidang pedidikan.

Dalam pertemuan ini, kedua pemimpin juga menyambut gembira kegiatan AACC, di mana tema yang diangkat sangat aktual, yaitu menyangkut penyusunan dan kesepakatan pembuatan "standard operating prosedure" (SOP) penanggulangan bencana alam dan penggunaan secara bersama laman Angkatan Udara ASEAN.

Setelah pemimpin Angkatan Udara Kamboja, tambah Kadispenau, secara berturut-turut, Kasau juga menerima pemimipin Angkatan Udara Laos, Brunei Darussalam, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam.

Selain pertemuan itu, di antara sesama peserta AACC ke-13 secara paralel juga melaksanakan "bilateral meeting".

Pewarta: Syaiful Hakim

Editor : Mulki


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2016