Belasan ribu Pulau Bangka antusias menyaksikan pawai karnaval budaya Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dalam rangka merayakan HUT Ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Negeri Serumpun Sebalai itu.

Pantauan ANTARA di Kota Pangkalpinang, Selasa (27/8/2024), sekitar 15 ribu warga yang memadati pawai karnaval budaya yang digelar Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dalam memeriahkan HUT Ke-79 Republik Indonesia di Kota Beribu Senyuman itu.

Belasan ribu warga dari berbagai kabupaten di Pulau Bangka yaitu Bangka, Bangka Tengah, Bangka Barat, Bangka Selatan dan Kota Pangkalpinang memadati rute pawai karnaval dimulai dari Tugu Kilometer 0 Taman Merdeka Pangkalpinang – Penjara Lama - Polres Pangkalpinang – Simpang 4 Jalan Mentok – Kerkhoff (Kuburan Belanda) – SMPN 1 Pangkalpinang – Jalan Garuda – Kampung Bintang – Bank Mandiri – Simpang 4 Ramayana – Finish di Jalan K.H. Abdul Hamid (Masjid Muhajirin) Kota Pangkalpinang.

Terlihat aparat kepolisian, dinas perhubungan dan satpol PP sibuk mengatur jalannya pawai, agar warga tidak masuk ke tengah jalan rute pawai karnaval yang diikuti 180 regu dimulai SD, SMP, SLTA dan umum.

Meski kondisi cuaca cukup panas, tidak menyurutkan antusiasme masyarakat menyaksikan para peserta karnaval yang tampil maksimal dengan mengangkat budaya dan kekayaan sejarah Indonesia khususnya Bangka Belitung mulai dari pakaian adat, budaya, kesenian, komoditas unggulan, replika bangunan bersejarah, dan sebagainya. 

Plt Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Ahmad Yani berharap karnaval budaya ini dapat menghibur masyarakat, sekaligus membangkitkan semangat masyarakat agar selalu sadar bahwa negara kita adalah negara yang berdaulat dan merdeka.

"Meski saat ini ekonomi kita sedang tidak baik-baik saja, namun antusias mereka peserta karnaval terus meningkat," katanya.

Ia mengatakan jumlah peserta pawai karnaval HUT Ke-79 RI tahun ini sebanyak 180 peserta dengan rincian 173 karnaval jalan kaki dan 17 drumband.

"Kita tetap berusaha memberi yang terbaik untuk masyarakat, salah satunya menghibur mereka dengan perayaan HUT RI tahun ini yang digelar selama tiga hari di mulai Senin (26/8) pawai pembangunan baris berbasis, Selasa (27/8) karnaval dan Rabu (28/8) pawai kendaraan hias," katanya. 

Pewarta: Aprionis

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024