Pemerintah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menguatkan tiga aspek pokok untuk mengawal tumbuh kembang anak-anak agar mampu menjadi generasi yang memiliki budi pekerti luhur dan berakhlak mulia.

"Anak-anak adalah cerminan dari orang-orang terdekat, dan bagaimana semua pihak memperlakukan mereka akan menentukan masa depan baik buat si anak maupun untuk lingkungan," kata Wakil Bupati Bangka Barat Bong Ming Ming di Mentok, Selasa.

Untuk menjadikan anak-anak sebagai generasi yang baik, kata dia, aspek pertama yang perlu dikuatkan adalah adanya kesadaran dan pemahaman para orang tua dan orang-orang terdekat untuk memberikan kasih sayang yang baik terhadap anak-anak di dalam keluarga.

Menurut dia, masa anak-anak masih dalam proses mengenal dunia sehingga harus diberikan bimbingan, pendampingan dan pemenuhan kebutuhan hak atas hidup.

"Dalam hal ini pemerintah perlu hadir dengan memberikan lingkungan yang baik untuk anak sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan hal-hal yang baik," katanya.

Untuk aspek kedua, kata dia, pemerintah juga berupaya membantu memenuhi kebutuhan gizi anak-anak di Bangka Barat agar mampu mendukung pertumbuhan fisik dan mental sehingga mereka dapat tumbuh menjadi generasi yang baik dan sehat.

"Kita ingin memastikan anak-anak Bangka Barat tumbuh sehat, ke depan kan ada makan gratis dari Presiden terpilih mudah mudahan kita mendapatkan generasi yang baik secara gizi guna mengatasi permasalahan stunting juga," ujarnya.

Aspek ketiga yang tidak kalah penting adalah membantu anak-anak di Bangka Barat mendapatkan pendidikan yang layak, dalam hal ini pemerintah daerah setempat berupaya agar tidak ada lagi kasus anak-anak yang tidak mendapatkan pelayanan pendidikan.

"Dari aspek pendidikan, seluruh anak di Bangka Barat wajib sekolah, saya sudah memerintahkan kawan-kawan di Dinas Pendidikan untuk menyiapkan anggaran peralatan dan baju sekolah, khusus untuk anak-anak dari keluarga kurang mampu, agar bisa direalisasikan pada 2025," katanya.

Dengan berbagai program dan kegiatan yang sudah disiapkan diharapkan seluruh anak-anak di Kabupaten Bangka Barat mendapatkan perhatian yang baik dan sesuai kebutuhan sehingga tumbuh dan berkembang menjadi generasi penerus yang lebih baik sekaligus mendukung upaya pemerintah mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta

Editor : Bima Agustian


COPYRIGHT © ANTARA News Bangka Belitung 2024